Gubernur Sumbar Resmikan MTQ Nasional ke-41 di Agam -->

Iklan Atas

Gubernur Sumbar Resmikan MTQ Nasional ke-41 di Agam

Rabu, 03 Juli 2024

Pembukaan MTQ Nasional tingkat Kabupaten di Agam pada Selasa (2/7/2024) siang.


Agam - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi, telah menghadiri perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-41 tingkat Kabupaten Agam di Lapangan Ponpes Asy Syarif Koto Tangah Tilatang Kamang pada hari Selasa (2/7/2024).


Dalam kesempatan tersebut, Gubernur menegaskan pentingnya MTQ sebagai sarana untuk mempererat hubungan masyarakat dengan Al-Qur’an. Menurutnya, interaksi yang lebih baik dengan Al-Qur’an akan meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan pengamalan terhadap kitab suci tersebut, yang merupakan pedoman hidup.


Mahyeldi juga mencatat bahwa karakteristik khusus masyarakat Sumbar, yaitu penerapan falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK), telah diakui secara hukum melalui Undang-undang Nomor 17 tahun 2022. Ini menggarisbawahi pentingnya mengamalkan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.


Pada kesempatan yang sama, Gubernur mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Agam dalam mendirikan rumah tahfiz dan melatih penghapal Al-Qur’an, serta merencanakan kerjasama untuk menempatkan mereka sebagai imam di masjid-masjid di seluruh nagari.


Bupati Agam, Andri Warman, menambahkan bahwa pelaksanaan MTQ di Kabupaten Agam merupakan momentum untuk mendekatkan generasi muda dengan ilmu Al-Qur’an, dengan harapan akan lahir para qori dan qori'ah terbaik yang dapat mewakili daerah ini pada tingkat provinsi dan nasional. (des)