Kebutuhan Daging Mencukupi di Padang Pariaman -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Kebutuhan Daging Mencukupi di Padang Pariaman

Jumat, 30 April 2021


Kepala Dinas Peternakan Padang Pariaman Bustanil Arifin ketika melakukan suvey terhadap ternak milik warga. (ist)


Parit Malintang, fajarsumbar.com - Kebutuhan daging sangat mencukupi untuk kebutuhan warga masyarakat menghadapi lebaran hari raya idul fitri tahun 2021 ini. 


Hal itu berdasarkan pantauan kelapangan di Pasar Ternak maupun keberadaan ternak kerbau dan lembu yang ada dimiliki warga.


Demikian disampaikan Kepala Dinas Peternakan Hewan Padang Pariaman Bustanil Arifin ketika menjawab pertanyaan fajarsumbar.com melalui handphone, Jum'at (30/04/21), sehubungan kebutuhan daging segar untuk masyarakat menghadapi lebaran di Kabupaten Padang Pariaman


Kata dia, telah menjadi tradisi warga masyarakat di kampung kita Kabupaten Padang Pariaman kegiatan membuat rendang daging maupun jenis lainnya. Sehingga permintaan daya beli pun meningkat dari hari biasa.


Dan menyebabkan para pedagang ternak maupun pereorangan "mambantai" jelang lebaran hari Idul Fitri maupun jelang puasa Ramadhan.


Menurut rang Sumando Simpang Toboh Kampung Dalam ini, ketersediaan ternak kerbau dan lembu mencukupi berdasarkan survey ke Pasar Ternak di hari pekan Sungai Sariak, Pakandangan, Kampung Dalam dan Sungai Geringging. Juga melihat kepada para petani ternak Kelompok Tani maupun perorangan di Kabupaten Padang Pariaman. 


"Berdasarkan kepada pengalaman tahun 2020 lalu sebanyak 586 ekor ternak kerbau dengan retribusi masuk ke Kas Daerah sebesar Rp 23 juta. Untuk tahun 2021 ini kita ditargetkan memperoleh retribusi penyembelihan alias merah sebesar Rp 40 juta" ungkap Bustanil Arifin yang juga putra Sungai Geringging ini.


Namun demikian, ia menghimbau kepada para pelaku pedagang daging segar agar memastikan kondisi kesehatan ternak yang mau dijual kepada warga masyarakat. 


"Warga masyarakat diharapkan supaya membeli sesuai dengan kebutuhan saja. Jangan terlalu memberatkan pula jika tak membuat rendang" sebut mantan Camat Sungai Geringging ini mengingatkan.(saco)



adsen