Nagari Tabek Patah Jadi Nagari Binaan Berbasis IT -->

Iklan Atas

Nagari Tabek Patah Jadi Nagari Binaan Berbasis IT

Sabtu, 10 April 2021
Bupati Tanah Datar Eka Putra saat meresmikan Nagari Binaan Berbasis IT, di Nagari Tabek Patah, Sabtu (10/4/21)


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE meresmikan Nagari Tabek Patah, sebagai Nagari binaan berbasis informasi teknologi (IT), di Kantor Wali Nagari Tabek Patah Kecamatan Salimpaung, Sabtu (10/4/2021).


Pembinaan Nagari ini akan dilakukan melalui program kerja lapangan praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) bekerja sama dengan Universitas Bung Hatta selama 3 tahun sesuai MoU yang telah disepakati bersama pemerintah Kabupaten Tanah Datar di tahun 2020. 


Program ini mencakup optimalisasi website sebagai wadah informasi dan promosi seluruh potensi daerah. Selain itu juga dilakukan pelatihan bahasa Inggris, bagi 20 pelaku wisata guna menunjang fasilitas wisatawan yang berkunjung ke Nagari Tabek Patah. 

 

Bupati berharap dengan telah diresmikannya Nagari binaan ini akan berdampak pada pembangunan di Tanah Datar. "Kita berharap kerjasama semua pihak, sehingga program ini dapat terwujud dengan baik, dan berjalan sebagaimana mestinya," ucap Eka Putra. 


Bupati juga meminta Kepala Perangkat Daerah sampai ke Pemerintahan Nagari, untuk dapat menfasilitasi kegiatan tersebut. "Kita minta semua pihak untuk memberikan segala informasi potensi daerah ini, sehingga program-program dapat  terealisasi," ujarnya. 


Di akhir sambutan, Bupati berpesan kepada praja IPDN sebagai pelaksana, untuk membaur ke masyarakat guna menunjang keberhasilan program ini. "Kita yakin program ini akan membawa banyak manfaat ke masyarakat, perlu diingat agar menjalin komunikasi dengan semua pihak," pungkas Bupati. 


Sementara itu, Direktur IPDN kampus Sumbar Tun Haseno mengatakan kegiatan ini tidak akan berjalan tanpa ada dukungan semua pihak. "Mari kita saling bersinergi menjadikan Nagari Tabek Patah menjadi Nagari binaan, dan dapat terwujud secara optimal," katanya. 


Hal itu senada juga dikatakan Rektor Universitas Bung Hatta Tafdil Husni, bahwa kerjasama dapat membawa Nagari Tabek Patah menjadi Nagari yang berkembang, sehingga ditiru oleh Nagari lainnya. 


"Tenaga ahli kita hadirkan guna percepatan mewujudkan Nagari binaan ini, dengan kolaborasi yang baik, tentu program ini dapat dimaksimalkan," ujar Rektor Bung Hatta. 


Rektor IPDN yang diwakili Wakil Rektor IV bidang kerjasama Deti Mulyati, mendukung terlaksananya program pembinaan Nagari ini. "Inilah wadah pengabdian kepada masyarakat, tempat untuk melihat potensi Nagari, tidak menutup kemungkinan program ini dapat diperpanjang," ujar Deti. 


Hadir pada kesempatan itu Forkopimda, Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen, Kadis PMDPPKB Nofenril, anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra,  Camat Salimpaung Abramis Yuzi, Wali Nagari Tabek Patah H. K. Dt. Rajo Nan Kayo, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, dan tamu undangan lainnya. (fdy)