Lelang Jabatan Sekdakab Pd. Pariaman segera Dimulai, Ini Nama-nama yang Santer Disebut -->

IKLAN MGID ATAS

Lelang Jabatan Sekdakab Pd. Pariaman segera Dimulai, Ini Nama-nama yang Santer Disebut

Kamis, 20 Mei 2021
Drs.Armeyn Rangkuti, M.Si


Pd. Pariaman, fajarsumbar.com - Persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah keluar untuk pengisian jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Padang Pariaman serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud). Tahapan proses seleksipun akan dilakukan lelang terbuka bulan depan.


Hal itu dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Drs. Armeyn Rangkuti, M.Si, ketika menjawab pertanyaan fajarsumbar.com, melalui hand phone, Kamis (20/05/21). Hal itu sehubungan Sekdakab Jonpriadi yang akan memasuki pensiun 1 Juni 2021 dan jabatan Kadis Dikbud yang ditinggalkan Drs.Rahmang, MM., kini telah menjadi Wakil Bupati Padang Pariaman masih kosong.


Dikatakan Armeyn, tahapan proses seleksi Sekdakab akan dilakukan juga dengan telah keluarnya persetujuan dari Kemendagri. Kemudian, harus ada dukungan Rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pusat itu baik untuk jabatan Sekdakab maupun Kadis Dikbud. 


Untuk memperoleh rekomendasi KASN Jakarta itu, ujar Armeyn, khusus proses seleksi jabatan Sekdakab, terlebih dahulu harus ada Surat Keputusan (SK) bupati Padang Pariaman tentang panitia seleksi lelang yang beranggotakan 5 orang. Terdiri dari unsur Pemdakab, Pemprov Sumbar dan kalangan akademis.


Menurut Armeyn, Pemkab lagi menunggu nama-nama yang ditunjuk dari pihak Pemrov Sumbar untuk masuk tim seleksi itu. Bila telah ada nama-nama tersebut, maka segera diterbitkan SK Pansel lelang jabatan dari bupati untuk dikirim ke KASN.


Berkenaan nama yang akan menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Sekdakab, sebut Armeyn Rangkuti, merupakan kewenangan kepala daerah. Itupun akan diketahui setidaknya empat hari jelang berakhir Sekdakab Jonpriadi yang akan pensiun.


Menurut dia, jabatan Sekdakab merupakan jabatan strategis di lingkugan pemerintah daerah. Ia akan mengelola pegawai, keuangan dan lainnya. Juga mampu menterjemahkan visi dan misi kepala daerah, sekaligus mampu menjembatani antara pihak eksekutif dengan legislatif secara harmoni. Termasuk hubungan yang baik dengan mengakomondir ke semua kepala OPD.


Ketika fajarsumbar.com mengajukan beberapa nama yang santer disebut-sebut sebagai calon kuat Sekdakab pengganti Jonpriadi, Kepala BKPSDM ini hanya ketawa ramahnya ketika dihubungi melalui telepon selulernya.


"SK Pansel lelang belum ada kok. Bila kran tahapan seleksi telah ada, akan diketahui nama-nama itu nantinya," jawab Armeyn Rangkuti diplomatis yang juga rang sumando Sungai Limau ini.


Kini, ungkap dia, sedang berlangsung tahapan seleksi untuk calon pimpinan tertinggi pratama. Yakni 2 jabatan staf ahli, Kadis Perhubungan dan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD). (saco)