UNP Buka Penerimaan Calon Mahasiswa Mandiri -->

IKLAN MGID ATAS

UNP Buka Penerimaan Calon Mahasiswa Mandiri

Senin, 10 Mei 2021

Prof. Ganefri. Ph.D


Padang, fajarsumbar.com - Calon mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) yang tidak lolos melalui jalur Seleksi Nasional Pergurusn Tinggi Negeri (SNPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), tidak perlu khawatir, karena UNP kembali menerima pendaftaran bagi mahasiswa baru untuk semua jenjang pendikan Sarjana dan Program Studi (Prodi) Tahun Akademik 2021/2022 ini.


Khusus untuk masuk jalur Mandiri dan Prestasi Prodi S1 dan D4, pendaftaran secara online telah dimulai sejak 5 April dan akan berakhir 18 Juni 2021 mendatang. Pendaftaran jalur Mandiri untuk D3, berakhir 25 Juni 2021, sebut Rektor UNP Prof. Ganefri. Ph.D, Senin, (10/05/2021).


Menurutnya, tahun ini UNP akan menerima sekitar 10.400 mahasiswa baru. 8 ribu orang diantaranya untuk program Sarjana Srata Satu (S1) dan D4, lebih kurang 1.200 orang, Program Diploma Tiga (D3) dan program Pascasarjana sekitar Seribu orang. Jumlah ini lebih banyak dari tahun 2020 lalu" tuturnya.


Penambahan jumlah mahasiswa baru yang diterima tahun ini, adanya penambahan sejumlah Prodi di UNP. Salah satunya prodi baru di kampus UNP Kota Sawahlunto, kemudian di Pariaman dan di Pesisir Selatan.


Menyinggung jumlah mahasiswa yang di terima UNP tahun ini, sebut Ganefri, lebih banyak dari tahun lalu, karena ada penambahan prodi baru tersebut.


Salah satunya, prodi Ilmu Pertambangan dan Mesin di Sawahlunto.


Secara keseluruhan, jumlah prodi di UNP sebanyak 106 prodi yang berasal dari 8 Fakultas dan 40 jurusan.


Pada program D3, memiliki 16 prodi yang tersebar di 7 fakultas dan Program ini juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur reguler.


“Uang kuliahnya nantinya tidak flat, namun disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orangtua mahasiswa, ujar Ganefri.


UNP juga memberikan beasiswa untuk program D3 dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah atau yang selama ini, diberi nama Bidik Misi.


Kuota beasiswa KIP Kuliah ini lebih banyak dari tahun lalu, namun nanti akan kita bagi secara merata ke semua Fakultas,” imbuhnya Ganefri.


Sementara itu, Wakil Rektor I UNP Dr. Refnaldi, M.Litt mengatakan, UNP Tahun Akademik 2021/2022, membuka daya tampung untuk penerimaan calon mahasiswa, sebanyak 7.724 orang.


Dalam penerimaan mahasiswa  baru UNP, dibagi menjadi tiga jalur, yaitu jalur SNMPTN sebanyak 30 persen, jalur UTBK-SBMPTN sebanyak 40 persen, dan sisanya melalui jalur Mandiri dan Prestasi maksimum 30 persen.


Universitas Negeri Padang Tahun Akademik 2021/2022, menerima mahasiswa melalui Jalur SNMPTN sebanyak 1962 orang, jalur UTBK-SBMPTN berhasil lulus sebanyak 3.292 orang , sisanya akan diterima melalui jalur Mandiri dan Prestasi atau sebanyak 2.470,” jelas Dr. Refnaldi, M.Litt.


Sementara itu prosedur untuk pendaftaran, melalui website http://spmb.unp.ac.id/mandiri dengan mengisikan biodata, membayar uang pendaftaran sebesar Rp250.000 melalui teller Bank Nagari atau ATM. (RDz)