Subuh Mubarak UNP Pagi Ini; Peran Generasi Muda dalam Membangun Peradaban Bangsa -->

IKLAN ATAS

Subuh Mubarak UNP Pagi Ini; Peran Generasi Muda dalam Membangun Peradaban Bangsa

Sabtu, 31 Juli 2021



FajarSumbar.Com. -Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, M.S mengatakan, Pedoman hidup dalam membangun peradaban bangsa, ada pedoman hidup yang sudah diatur oleh Allah, berupa dalil naqli, fakta empiris dan ada pula pedoman hidup yang dibuat oleh manusia, misalnya kapitalisme dan komunisme.


Hal tersebut, diungkapkan Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, M.S, ketika memberikan ceramah pada subuh mubarakah Universitas Negeri Padang (UNP), dengan topik, Peran Mahasiswa dan Generasi Muda dalam Membangun Peradaban Bangsa pada Masa Pandemi Corona yang gelar secara daring, Jumat pagi, ( 30/07/2021).


Menurutnya, kelebihan kapitalisme adalah mampu memacu pertumbuhan ekonomi global serta kapitalisme berhasil melahirkan berbagai macam IPTEK serta kemajuan yang pesat di bidang IPTEK dan membuat manusia hidup dengan nyaman.


Sementara itu, kelemahan kapitalisme adalah gagal mengentaskan kemiskinan, kelaparan dan tuna wisma global, bahkan telah mengakibatkan ketimpangan kaya dan miskin, dan sebagainya.


"Kegagalan dalam bidang ekonomi hingga tahun 2019, sebut Rokhmin Dahuri, ada sekitar tiga miliar penduduk dunia, namun sebanyak 37% masih miskin dan sekitar 1 miliar orang masih miskin absolut atau fakir, imbuhnya.


Ia menambahkan, ada pula kegagalan dalam bidang lingkungan hidup yakni masalah lingkungan dan perubahan iklim global, suhu bumi yang meningkat yang akan berdampak pada kebakaran hutan dan sebagainya.


"Kegagalan kapitalisme dalam bidang sosial dan budaya menyebabkan persoalan sosial budaya seperti perceraian, pengangguran, frustrasi, alkohol yang mengakibatkan kebrutalan dan terorisme, dan sebagainya, jelas Penasehat Menteri Kealutan dan Perikanan periode 2020-2024 itu".


Ditambahkan, umat Islam yang beriman harus ingat bahwa dalam sejarah kehidupan bahwa pernah ada potret kehidupan masyarakat dunia yang maju dan adil makmur di zaman keemasan umat Islam pada abad ke-7 dan abad ke-8.


Lebih jauh Wakil Ketua Dewan Pakar ICMI Pusat itu mengatakan, kita harus memahami bahwa para ilmuwan Barat banyak mengakui bahwa perkembangan IPTEKS pada saat ini berasal dari perkembangan ilmu pengetahuan dari ilmuwan Islam dalam berbagai ilmu pengetahuan seperti kedokteran, farmasi, matematika, kimia, botani, lingkungan, astronomi, geografi dan lainya.


Sementara itu, Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D. memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kesedian Prof;. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, M.S, sebagai penceramah pada kegiatan Subuh Mubarakah ini.


Ucapan terimakasih, juga disampaikan Rektor UNP kepada  Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNP sebagai penyelenggara Subuh Mubarakah yang diikuti para pimpinan dan sivitas akademika.


Ceramah Subuh Mubarakah, dengan topik, Peran Mahasiswa dan Generasi Muda dalam Membangun Peradaban Bangsa pada Masa Pandemi Corona yang dipaparkan Prof;. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, M.S, jelas Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D telah memberikan pencerahan kepada sivitas akademika UNP. (Rel/Unp) RDz.