Rektor UNP Resmikan Pelaksanaan Pengabdian di Agam, Bukittinggi, Pasaman dan Pasaman Barat -->

Rektor UNP Resmikan Pelaksanaan Pengabdian di Agam, Bukittinggi, Pasaman dan Pasaman Barat

Kamis, 05 Agustus 2021

.


Padang, fajarsumbar.com - Untuk kegiatan penelitian dan pengabdian dosen Universitas Negeri Padang (UNP) setiap tahunnya dialokasikan dana berkisar antara Rp8 miliar - Rp10 miliar pada semua kabupaten dan kota di Sumatera Barat.


Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, Ph.D. mengemukakan hal itu ketika membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan pengabdian dosen UNP di Kabupaten Pasaman, Kota Bukittinggi, Kabupaten Pasaman, dan Kabupaten Pasaman Barat.


"Kegiatan penelitian dan pengabdian ini, adalah tugas wajib dosen sehingga diharapkan dapat menerapkan Ilmu Pengetahuan Taknologi dan Saen (IPTEKS) yang dikembangkan di kampus, agar dapat pula dilaksanakan ditengah masyarakat," jelas Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D.


Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D. mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada dosen dan pemerintahan Kota dan Kabupaten untuk pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian di Kabupaten Pasaman, Kota Bukittinggi, Kabupaten Pasaman, dan Kabupaten Pasaman Barat.


Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNP Yohandri, M.Si., Ph.D menjelaskan, kegiatan pengabdian dosen UNP ini akan.dilakdanakan sebanyak 25 judul di Kabupaten Agam dengan dana 857 juta, 9 judul di Kota Bukittinggi dengan dana 185 juta, 3 judul di Kabupaten Pasaman.dengan dana 94 juta dan 6 judul di Kabupaten Pasaman Barat dengan dana 112 juta.


Ditempat yang sama Bupati Agam Andri Warman menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor UNP atas pelaksanaan kegiatan pengabdian yang sebanyak 25 judul kegiatan pengabdian oleh dosen-dosen UNP. untuk Kabupaten Agam

Kabupaten Agam sebutnya,  juga akan terus meningkatkan kualitas bidang pendidikan dan terus bekerja sama dengan UNP.


Terkait dengan itu, Pemerintah Kabupaten Agam akan memberikan beasiswa bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SLTA) untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi termasuk di UNP, termaduk melanjutkan kuliah bagi ASN dari Kabupaten Agam terutama ke UNP", sebut Bupati Agam Andri Warman.


Walikota Bukittinggi yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan ucapan terima kasih atas dosen yang akan melaksanakan 9 kegiatan pengabdian di Kota Bukittinggi.


"Kegiatan pengabdian dosen ini sangat mendukung visi dan misi serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bukittinggi dan juga untuk mendukung pengembangan pembangunan Kota Bukittinggi," jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi.


Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi mengatakan, Kota Bukittinggi akan terus meningkatkan kerja sama dengan UNP, yakni dalam berbagai pelatihan seperti pelatihan bagi Kepala Sekolah di Kota Bukittinggi.


Bupati Pasaman Benny Utama mengatakan, kegiatan pengabdian dosen Universitas Negeri Padang dapat menjadi motivator dan mengkaji keadaan masyarakat Pasaman dan menjadi motivator untuk pengembangan Nagari Pasaman.


"Kegiatan pengabdian oleh dosen UNP ini, diharapkan dapat mengidentifikasi persoalan pengembangan Nagari dan dapat pula membantu pengembangan atau mengurai permasalahan yang ada di tengah masyarakat Pasaman," imbuh Bupati Pasaman Benny Utama. (Re/Unp/RDz).