Nelayan Ketaping Terima Bantuan Mesin Tempel 15 PK -->

Nelayan Ketaping Terima Bantuan Mesin Tempel 15 PK

Kamis, 16 September 2021
.

Katapiang, fajarsumbar.com - Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mendampingi Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy dalam penyerahan paket bantuan mesin tempel 15 PK kepada Kelompok Nelayan Katapiang di Nagari Katapiang Kecamatan Batang Anai, Kamis (26/09/21).


Wakil Gubernur Audy Joinaldy mengatakan salah satu program unggulan dari Pemerintah Provinsi Sumatra Barat adalah meningkatkan pertanian secara luas termasuk sektor perikanan.


Kata dia, adanya bantuan ini dapat memudahkan akses nelayan untuk mencari hasil tangkapan yang lebih, sehingga pendapatan meningkat dan membuat perekonomian menjadi lebih baik.


"Salah satu sektor yang perlu didorong dan memiliki potensi besar memang bidang perikanan terutama di Padang Pariaman. Karena memiliki pantai panjang, hal ini dapat menjadi peluang besar untuk memajukan perekonomian dengan harapan hasilnya lebih optimal,"harap Wagub Audy


Sementara itu, Bupati Suhatri Bur mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumbar dan anggota DPRD H.M.Nurnas atas anggaran mesin tempel 15 PK untuk nelayan Katapiang. Adanya dukungan bantuan dari Pemerintah ini menjadikan pendapatan nelayan dapat bertambah.


H.M.Nurnas, ujar Bupati Suhatri Bur merupakan putra Katapiang yang duduk sebagai anggota DPRD Provinsi Sumbar yang telah memasukan bantuan dalam pikirnya.


"Adanya bantuan sebanyak 53 mesin tempel 15 PK ini, diharapkan dapat menambah semangat nelayan untuk melaut, sehingga pendapatan bertambah perekonomian menggeliat," sebut Bupati.


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Dr. Desniarti mengatakan penyerahan mesin ini sebagai bentuk upaya untuk pengembangan perikanan tangkap dengan jangkauan penangkapan sampai 4 mil, sehingga pendapatan lebih meningkat.


Menurut dia, pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar telah menganggarkan mesin tempel sebanyak 234 unit. Untuk Padang Pariaman khususnya mendapat 60 unit, dan 53 Unit melalui Pokir dari H.M.Nurnas.


"Kami pesankan kepada kelompok yang menerima paket tersebut untuk dapat manfaatkan mesin tempel dengan sebaiknya jangan dialih tangankan dan diperjual belikan," tegas dia mengingatkan.


Sedangkan H.M. Nurnas, ST menyebutkan setelah penyerahan mesin 15 PK, direncanakan juga akan diadakan Gilbet dan fish box. Kami mengajak Bupati meningkatkan dan memajukan sektor perikanan. Kita memiliki pantai yang panjang dengan potensi cukup besar" sebut Nurnas.


Penyerahan mesin 15 PK teruntuk 11 Kelompok Nelayan yang beranggotakan 175 orang. Semoga dapat meningkatkan hasil tangkapan, juga dapat meningkatkan pendapatan sekaligus menumbuhkan perekonomian, kata H.M.Nurnas. (r-saco)