Limbah B3 Harus Dikelola dan Tidak Dibuang Sembarangan -->

Iklan Atas

Limbah B3 Harus Dikelola dan Tidak Dibuang Sembarangan

Rabu, 15 September 2021

 

Sosialisaai pengolahan limbah B3 di Padang Panjang, Rabu (15/9/21)

Padang Panjang, fajarsumbar.com -Berlangsung selama dua hari, 24 orang perwakilan Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) Kota Padang Panjang mengikuti Sosialisasi Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).


Kegiatan dibuka Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Alvi Sena, MT di aula Bappeda  Padang Panjang, Rabu (15/9/21). 


Sosialisasi ini dilakukan karena masih banyak pelayanan kesehatan yang membuang sampah limbah medis disatukan dengan sampah lainnya.


"Sampah limbah B3 ini tidak boleh disatukan dengan non-B3 karena bisa membahayakan kesehatan. Bahkan bisa menjadi mainan bagi anak-anak yang menemukannya. Seperti jarum suntik yang bisa disalahgunakannya nanti," ujar Alvi.


Alvi menegaskan sangat dibutuhkan perhatian dari semua fasyankes, agar sama-sama menjaga dan membuang sampah limbah B3 ke tempat khusus.


"Limbah B3 ini hanya boleh tersimpan di tempat sampah khusus selama dua hari dengan posisi tertutup. Tidak boleh lebih dari dua hari, karena akan menjadi sumber penyakit," sebutnya.

 

Di masa pandemi Covid-19 sampah masker saja bisa jadi masalah. Setelah menggunakan masker, sobek dulu masker itu atau gunting dulu, jangan dibuang sebelum dirobek. Karena nanti bisa diolah kembali oleh orang dan dijual dengan harga murah.


"Ini sangat berbahaya kalau terjadi seperti itu. Virus Covid-19 akan meledak terus," katanya.


Alvi berharap semua fasyankes  agar melakukan pemilihan dan pemilahan serta menempatkan sampah limbah B3 ke tempatnya. Nanti Dinas Perkim LH akan mengangkut sampah tersebut dengan mobil pembawa sampah khusus B3.


Sementara Kabid Pengelolaan Sampah Limbah Bahan Berbahaya, Beracun, dan Pengendalian Pencemarah, Syafriman Thaib, SP,  M.Si menyebutkan, sosialisasi ini  untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pengelolaan limbah B3 di Kota Padang Panjang.


"Tujuan dilaksanakannya sosialiasi untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran fasyankes mengenai bahaya dari limbah B3," ujarnya. (syam)