Unand Gelar Ajang Journalist Award 2021, Total Hadiah Rp10 Juta -->

Iklan Atas

Unand Gelar Ajang Journalist Award 2021, Total Hadiah Rp10 Juta

Minggu, 12 September 2021
Kampus Unand


Padang, fajarsumbar.com - Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) Unand akan menyelenggarakan Ajang Journalis Award (AJA) pada puncak Dies Natalis ke-65, Lustrum Unand XIII. Total hadiah yang disediakan Rp10 juta.


AJA PTN-BH diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi pada jurnalis atas kerja sama dan dukungannya terhadap Unand melalui kegiatan pada puncak Dies Natalis ke-65, Lustrum Unand XIII dan peluncuran PTN Unand Berbadan Hukum. Kegiatan itu bertemakan “Unand PTN-BH Sebagai Penggerak Kolaborasi Indonesia Maju”.


Hal itu dikatakan, ketua panitia yang juga Wakil Rektor III Unand, Ir.Insannul Kamil, M.Eng, Ph.D melaui Ketua Seksi Humas, Dokumentasi dan Protokol yang juga  Staf Ahli Rektor Unand Bidang Komunikasi dan Media, M.A. Dalmenda di ruang kerja Warek III, Jumat (10/9/2021).

Menurutnya, AJA-Unand 2021 selain untuk membangun kemitraan yang lebih efektif  juga  untuk memberikan spirit dan  memotivasi insan pers untuk terus membuat karya komprehensif dan memberikan informasi  konstruktif  dari dinamika kepada masyarakat. 


Mengaca pada kondisi kekinian, penerbitan dan pendistribusian informasi atau berita sangat cepat karena kemajuan teknologi kian pesat. Diharapakan, melalui karya jurnalistik tersebut selain sebagi kontrol sosial juga memberikan edukasi bagi masyarakat.


“AJA-Unand 2021 ini dapat menyajikan dinamika Dies Natalis ke-65, Lustrum Unand XIII dan peluncuran PTN-BH Unand di tengah masa pandemi Covid-19. Monumentalnya dalam kesempatan ini Presiden akan memberikan sambutan kunci secara virtual," sambungnya.


Pada peluncuran PTN-BH Unand itu juga bakal diikuti Kemendikbudristek dan sedikitnya 85 tokoh penting nasional dan internasional. Meski ada keterbatasan menghadirkan banyak orang namun panitia tidak kehilangan kreativitas agar gezah nilai nilai dari kegiatan ini tetap punya daya tarik yang luar biasa. "Maka kita menggagas kegiatan dengan menyatukan ide-ide kreatif dari seluruh anggota panitia dalam beberapa kali  pertemuan baik secara online terbatas maupun offline,“ jelas Warek III tersebut.


Karya jurnalistik pada AJA-Unand 2021 ini, dalam bentuk produk feature dengan  ketentuan umum cetak online, radio dan televisi sebagai berikut. Di antaranya, menggunakan data sebagai komponen utamanya, setiap peserta boleh mengirimkan legih 1 karya. Karya yang diikutsertakan sudah pernah dipublikasikan di media pada periode 13 September - 20 September 2021. 


Karya harus sudah diterima panitia paling lambat tanggal 25 September pukul 13.00 WIB, karya harus dilengkapi dengan pernyataan bahwa karya adalah karya orisinal, ralat harus disertakan jika ada, karya yang sudah sampai ke panitia tidak akan dikembalikan, keputusan juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. 


Untuk karya media cetak, peserta harus mengirim kliping beserta soft copy karya yang sudah dimuat. Karya harus dilengkapi dengan surat keterangan dari redaktur media cetak  yang menyatakan bahwa karya yang dikirimkan pernah dimuat di media tersebut. Untuk karya media online, peserta harus mengirim karyanya yang sudah di-capture langsung dari situs beritanya dan alamat URL karya tersebut. 


Karya harus dilengkapi dengan surat keterangan dari redaktur media online yang menyatakan bahwa karya yang dikirimkan pernah dimuat di media tersebut. Untuk karya media radio, berbentuk feature jurnalistik. Peserta harus mengirim karyanya dalam bentuk CD (MP3 atau WAV). 


Karya harus dilengkapi dengan surat keterangan dari pimpinan (Pemimpin redaksi) yang menyatakan bahwa karya yang dikirimkan pernah disiarkan di radio tersebut. Peserta wajib mengirimkan naskah/teks berita. Untuk karya media televisi, karya berbentuk feature jurnalistik televisi, peserta harus mengirimkan karyanya dalam bentuk DVD (MPEG atau AVI atau MP4) dengan mencantumkan nama dan asal media di kepingan DVD. 


Peserta diwajibkan mengirimkan naskahnya/teks berita. Kirimkan karya jurnalistik melalui email : [email protected] atau Sekretariat Humas dan Protokol Unand


Insannul Kamil menambahkan, panitia akan memberikan hadiah bagi para pemenang juara I, II dan III berupa uang tunai dan piagam penghargaan. Juara 1 sebesar Rp.3,5 juta, peringkat II, Rp2 juta dan posisi III, Rp1,5 juta. Pengumuman pemenang 1 Oktober 2021 melalui website Unand, media, cetak dan online yang nantinya akan diserahkan pada malam anugerah Unand 8  Oktober 2021.(roni dz)