15 Tahun Jadi Kader Posyandu, Indra Ariska Wakili Padang Panjang ke Provinsi -->

15 Tahun Jadi Kader Posyandu, Indra Ariska Wakili Padang Panjang ke Provinsi

Kamis, 07 Oktober 2021

 

.

Padang Panjang, fajarsumbar.com - Indra Ariska, kader Posyandu Anggrek Ungu terpilih menjadi kader posyandu berprestasi mewakili Kota Padang Panjang di lomba tingkat Sumatra Barat. 


Sebelumnya ia sudah meraih juara di tingkat kecamatan dan kota. 


Sebagaimana dikutip dari Kominfo, Rabu (6/10), Indra Ariska bercerita, ia sudah 15 tahun menjadi kader posyandu di Kelurahan Pasar Usang, Kecamatan Padang Panjang Barat. 


Di kelurahan ini, katanya terdapat delapan Posyandu yang tersebar di 18 RT. Sementara Posyandu Angrek Ungu, berada di RT 03 yang terintegrasi dengan BKB (Bina Keluarga Balita) Bunga Tanjung dan PAUD PKK Ainul Husna.


"Sasaran Posyandu Anggrek Ungu adalah wanita usia subur, pasangan subur, ibu hamil, ibu bersalin, ibu menyusui dan balita yang berada di RT 03 dan RT 04," jelasnya seraya mengatakan sasaran ini dilayani di posyandu setiap Kamis minggu pertama tiap bulannya.


Saat melakukan pelayanan, katanya, lima kader Posyandu Anggrek Ungu dibantu lima kader BKB, dua kader Sub PPKBD (Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa), satu orang Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan dua tenaga kesehatan dari Puskesmas Bukit Surungan. 


Untuk meningkatkan dan penyemangat sasaran datang ke Posyandu, Posyandu Anggrek Unggu melakukan beberapa inovasi. Di antaranya baby spa, pemberian pin posyandu, sertifikat, pojok baca, kaleng receh, dan warung pojok posyandu, kabumil (kacio ibu hamil), kolam terpal posyandu, dan kegiatan parenting.


"Baby spa sangat bagus untuk merangsang syaraf motorik bayi. Selain membuat bayi nyaman, juga tidur bayi lebih lama. Baby spa ini kami dirikan dari swadaya masyarakat," sebutnya.


Penyediaan warung pojok posyandu, katanya, berguna untuk membantu sasaran yang mempunyai usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K). "Warung pojok posyandu ini kami dirikan dari hasil 'kaleng receh' itu," jelasnya sembari menyebutkan kegiatan Posyandu Anggrek Ungu tidak terlepas dari binaan TP-PKK kota, kecamatan dan kelurahan.


Ke depan, ia berharap agar ada generasi yang bersemangat untuk menjadi kader posyandu ini. Sementara terkait penilaian lapangan oleh Tim Provinsi pada akhir Oktober ini, Indra Ariska berharap dapat berprestasi dan dapat berkontribusi untuk Padang Panjang. (syam)