Bakar Semangat Pemuda, SMPN 2 Payakumbuh Tuai Apresiasi di Hari Sumpah Pemuda -->

Bakar Semangat Pemuda, SMPN 2 Payakumbuh Tuai Apresiasi di Hari Sumpah Pemuda

Kamis, 28 Oktober 2021

Keisya Siti Azzura (siswa VII.1 SMPN 2 Payakumbuh) pukau audiens

 

Payakumbuh, fajarsumbar.com – Meriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021, Pemko Payakumbuh melaksanakan upacara bendera bertempat di halaman Balai Kota. Tak mau kalah, Kepala SMPN 2 Payakumbuh, Desfiwati beserta jajaran mengisi peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan kegiatan lomba yang memantik semangat nasionalisme pemuda.

 

Lomba yang mengusung tema “Semangat Persatuan” tersebut dilaksanakan di lapangan upacara SMPN 2 Payakumbuh, Kamis (28/10/2021) dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.

 

Dari laporannya, Kepala SMPN 2 Payakumbuh Desfiwati yang akrab disapa Ummi ini menyebutkan bahwa Peringatan hari sumpah pemuda tahun 2021 dirangkai dengan memeriahkan bulan bahasa. Disampaikannnya, bahwa SMPN 2 Payakumbuh sudah kali ketiganya menggelar acara tersebut.

 

“Ini sudah kali yang ketiganya digelar. Lomba ini diikuti 24 orang sebagai perwakilan kelas. Tahun ini kita laksanakan lomba terkait pelestarian literasi serta lomba ekonomi kreatif. Untuk Literasi, kita laksanakan lomba baca puisi, lomba membuat mading bertema sumpah pemuda dan lomba membuat cerpen. Hikmah peringatan sumpah pemuda sangat sinkron dengan memeriahkan bulan bahasa, karena ikrar ketiga pada sumpah pemuda adalah terkait bahasa pemersatu, Yakni bahasa Indonesia. Dan ini merupakan sebuah langkah untuk pengembangan literasi  di SMPN 2 Payakumbuh,”lapor Desfiwati.


“Lomba baca puisi, lomba mading dan lomba ekonomi kreatif sengaja kita pusatkan di lapangan upacara, agar mudah disaksikan publik. Sementara lomba membuat cerpen dilaksanakan di lokal VII.1 dengan suasana yang nyaman. Hadiah motivasi sudah kita persiapkan,”Pungkasnya.

 

Kesempatan itu, Desfiwati juga melaporkan bahwa dari 874 siswa SMPN 2 Payakumbuh yang ditampung dengan 24 rombel, telah mengikuti vaksinasi covid-19 sebanyak 662 saat gebyar vaksinasi SMPN 2 Payakumbuh tanggal 18 dan 19 Oktober 2021. Desfiwati juga menyampaikan terima kasih kepada Walikota Payakumbuh, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh.


“Untuk vaksinasi selanjut, yakni untuk mewujudkan herd imunity di SMPN 2 Payakumbuh, Kita akan bergabung dengan Gebyar vaksinasi Dinas Pendidikan yang direncanakan akan dilaksanakan tanggal 30 Oktober 2021 di GOR M. Yamin,” ulas Desfiwati.

 

.

Kesempatan itu, Kepala Dinas pendidikan Kota Payakumbuh melihat langsung penampilan lomba baca puisi. Siswa perwakilan kelas bersaing menunjukkan potensi diri dalam berliterasi membacakan puisi. Suguhan pembacaan puisi tersebut menuai apresiasi pejabat di dinas pendidikan yang hadir saat itu.

 

Sebagaimana yang diungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, H. Dasril diwakili Koordinator Pengawas SLTP, Amir saat membuka kegiatan lomba. Korwas tampak hadir bersama Pengawas Satuan Pendidikan, Delfizal serta Sefri selaku Ketua pengawas bersama Walismi, Nurseha, dan Irmatati.


“Kami bangga melihat penampilan anak-anak Kita. Ini sebagai bukti bahwa semangat literasi membahana dan menjadi literatur di SMPN Payakumbuh. Semangat Sumpah Pemuda merupakan momen meningkatkan rasa cinta tanah Aiir atau NKRI. Kami ungkapkan, bahwa Kami sangat bangga dan Kami apresiasi. Ini salah satu kegiatan untuk menujang akreditasi. Lanjutkan,”apresiasinya.


Terpisah, Kepala SMPN 2 Payakumbuh Desfiwati saat dijumpai di ruang kerjanya sebelum penyerahan hadiah lomba, menerangkan bahwa untuk pelaksanaan PBM Tatap Muka Terbatas, pihak SMPN 2 Payakumbuh patuh pada aturan yang ditetapkan Pemko Payakumbuh secara berjenjang.


“PBM tatap muka terbatas kita laksanakan sesuai protokol kesehatan. Jumlah kehadiran siswa 50 persen dan wajib memakai masker. Kita sudah ikut vaksin. Dan semoga saja PBM tatap muka penuh bisa kita laksanakan dalam waktu dekat,” terangnya.


Saat ditanya terkait kondisi kelembagaan dan ketenagaan, Desfiwati menerangkan bahwa saat ini tenaga pendidik dan kependidikan SMPN 2 Payakumbuh berjumlah 57 orang. Sebanyak 21 orang berstatus tenaga honorer.


“Alhamdulillah, saat ini SMPN 2 Payakumbuh sedang menerima bantuan rehab 5 lokal DAK. Insya Allah tahun 2022, SMPN 2 Payakumbuh akan menerima bantuan pembangunan mushalla, 4 ruang kelas baru, 2 labor dan 1 pustaka. Mohon doa dan dukungan kita semua,”terangnya saat itu.(ul)