Kawasan Seribu Rumah Gadang Solsel Ditunjuk untuk Kegiatan Nasional -->

Kawasan Seribu Rumah Gadang Solsel Ditunjuk untuk Kegiatan Nasional

Rabu, 13 Oktober 2021

Sejumlah crew perfileman (Miles Film) saat berada di Nagari Saribu Rumah Gadang, dalam rangka program PKN Kemendikbud.


Solsel, fajarsumbar.com - Kawasan Seribu Rumah Gadang (KSRG) Solok Selatan (Solsel) ditunjuk sebagai lokasi kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) program Kemendikbud. 


Dalam rangka program PKN Kementerian ini sejumlah daerah dipilih oleh Kementerian diantaranya Labuan Bajo, Singkawanng dan termasuk. Solok Selatan, dengan sutradara yang sudah terkenal Riri Riza.


Untuk mengespos itu, mereka mintaklah bantuan dari sutradara nasional, untuk Solok Selatan dikirimlah Riri Riza, seorang sutradara kondang dan jago perfilemen nasional. 


"Kenapa Solok Selatan terpilih sebagai lokasi PKN Kementerian? Karena di Solok Selatan ada sebuah proyek besar program presiden yaitu revitalisasi Seribu Rumah Gadang, nah disana banyak penunjang wisatanya untuk PKN itu, diantaranya ada Menara Songket, Seribu Rumah Gadang, " ucap Yulnofrins Napilus, seorang penggiat wisata nasional kepada fajarsumbar.com di Muara Labuh, Rabu (13/10/2021). 


"Karena kita punya program dari presiden yaitu SRG sesuatu yang sangat menarik nilai budaya kita sangat tinggi, makanya diminta Riri Riza, " terang Nofrin


Dari sekian banyak alasan, Solok Selatan dipilih karena punya kekuatan budaya yang unik dibanding yang lain. Termasuk pakaian adatnya yang khas.


Ini sebuah acara yang dikemas oleh Kementrian Pendidikan yaitu Pekan Kebudayan Nasional (PKN) yang disutradarai oleh sutradara kondang. Riri Riza dan Team nya shooting selama 5 hari di Solok Selatan. 


Semua kruh nginap di Homestay RG06, 07 dan 04. Shooting untuk acara PKN dari  Kemendikbud, dan akhir Oktober akan nanti disiarkan secara Nasional, virtual dan sejumlah TV swasta. 


Kita berterimakasih juga kepada pihak penyelenggara, karena telah memilih Kawasan Seribu Rumah Gadang ini sebagai lokasi shooting program Kementrian, otomatis nantinya dengan secara langsung sudah mempromosikan Solok Selatan sebagai kawasan wisata ditingkat Nasional, bahkan Internasional. 


Pekan Kebudayaan Nasional ini ya mengangkat kebudayaan lokal masing2 masing daerah, dokumentasi ini nanti untuk  diputar tayang secara virtual dan di TV swasta lainya, " ulang Nofrin


Manager Produksi Miles Film, Rivano, ketika diwawancarai via telepon selulernya mengatakan, sebuah terobosan baru yang menantang di Solok Selatan ini, membuat sutradara kami Riri Riza bangga dengan Solok Selatan, tantangan yang baru itulah yang selalu didambakan oleh Mas Riri Riza. (Abg)