KJL Raya Gelar Peringatan Maulid Nabi -->

KJL Raya Gelar Peringatan Maulid Nabi

Sabtu, 23 Oktober 2021


Labuhanbatu, fajarsumbar.com - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Komunitas Jawa Labuhanbatu Raya (KJL Raya) melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah yang berjalan dengan baik dan penuh hikmad di Gedung Nasional Rantauprapat pada Rabu (20/10/2021).


Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Umum Komunitas Jawa Labuhanbatu Raya, Ulfian Hamdani, S.Pd., M.A.P, Sekretaris Jenderal Wanto, S.Pd.I., M.Pd, Bendahara Umum Lastri dan jajaran Pengurus DPP KJL Raya serta Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) Maniso, ST.


Kegiatan dibawakan oleh MC, Edi Margianto, S.Pd dan acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Qori, Sumarno S.Pd perwakilan dari Labuhanbatu Selatan dan selaku Saritilawah adalah Lasmi Leysa Willy perwakilan dari Labuhanbatu Utara. Diteruskan dengan Marhaban yang dibawakan oleh Grup Nasyid Desa Janji Lobi, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu.


Laporan oleh ketua panitia Supriadi Adika Lasman mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir dan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh panitia yang telah bekerjasama demi untuk suksesnya penyelenggaraan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini.


Ketua Umum KJL Raya saat dikonfirmasi awak media pada Sabtu (23/10/2021) menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta yang hadir dan perencanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah merupakan usulan dari teman-teman sedulur Grass Root, anggota KJL Raya baik dari daerah pantai maupun dari kota. Tema kegiatan yaitu 'Dengan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Mari Kita Tingkatkan Hubungan Silaturahim dan Ukhuwah Islamiyah'. Jujur, momen setiap kita melaksanakan kegiatan adalah momen untuk silaturahim para anggota KJL Raya yang hadir dari berbagai daerah.


Seorang Tokoh Muda Jawa sekaligus seorang pendiri Organisasi Komunitas Jawa Labuhanbatu Raya, Wahyudi S.Sos., MM Memberikan motivasi kepada peserta yang hadir, didalam sambutannya. "Ini adalah rumah kita Komunitas Jawa Labuhanbatu Raya. Kita yang kumpul pada hari ini. Kita tidak ada kelas. Kita yang jumlahnya banyak, Alhamdulillah yang diprakarsai oleh Ketua Umum mas Ulfian Hamdani dan mas Maniso, mereka sempat 'roadshow'. Saya sangat hormat kepada beliau. Dengan beliau tidak ada membedakan antara satu dan lainnya inilah perjuangan beliau membangun ini. Insya Allah saya akan sempatkan dan bersama-sama kita untuk saling berkumpul dan silaturahim dengan Komunitas Jawa Labuhanbatu Raya.


"Hari ini lebih sedikit melanjutkan arti Tunggal Sekapal. Apa itu Tunggal Sekapal kita? bahwa kita warga Jawa yang di Kabupaten se Labuhanbatu Raya hari ini kita berkumpul dalam kapal kita, Komunitas Jawa Labuhanbatu Raya. Jadi bersama-sama kita jaga kapal kita. Kita besarkan. Untuk apa? Untuk saling membantu, untuk saling mendukung, itu harapan kita," sebutnya.


Dalam kesempatan lain Ketua MPP KJL Raya menyampaikan "Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1443 H yang dilaksanakan DPP KJL Raya sangat luar biasa, antusias pengurus dan masyarakat Jawa Labuhanbatu Raya untuk ikut acara ini diluar dugaan, inilah bukti bahwa masyarakat Jawa sangat kompak dan guyub dalam hal kebaikan. Harapan saya hal-hal baik seperti ini terus dilanjutkan dan dibuat kontinyu kegiatan lainnya.


Kegiatan Maulid ini dihadiri secara antusias oleh anggota KJL Raya dari berbagai daerah se Labuhanbatu Raya dari Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Labuhanbatu Utara dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan, serta ada juga turut hadir anggota KJL Raya dari Ujung Batu Rokan, Riau.


Tampak keceriaan dan kebahagiaan yang terpancar dari senyum peserta yang hadir, karena dapat saling bersilaturahim dan senang mendengar ceramah dari Al Ustadz yang diundang dari Kabupaten Labuhanbatu Utara yaitu Al Ustadz Suksesno, S.Pd.I.


Ustadz Suksesno, S.Pd.I didalam ceramah yang dibawakan secara epik dan membuat peserta berbahagia, menyampaikan beberapa hal bermanfaat kepada peserta yang hadir.


"Berkat Rahmat Hidayat-Nya Allah, apa yang menjadi cita-cita kita bersama Alhamdulillah kita punya rumah yang  namanya Komunitas Jawa Labuhanbatu Raya. Walaupun jujur dalam hidup dan kehidupan sehari-hari kita tidak bisa membeda-bedakan suku, karena biar bagaimanapun apapun sukunya Insya Allah, apabila kita menjadi orang-orang yang takwa harus itu yang dilihat di sisi Allah. Tidak ada agama yang mulia kecuali agama Islam di sisi Allah. Tidak ada manusia yang mulia disisi Allah kecuali manusia masuk manusia yang bertaqwa.


Dalam momentum Maulid Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam ini ada 3 (tiga) perkara yang mesti saya sampaikan yaitu yang penting bagi kita semua yaitu 

1. Perbanyak Membaca Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Maka jangankan kepada manusia, malu kita kepada Allah dan para malaikat. Allah dan para malaikat saja bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW 


Sanjungan kita kepada Nabi Muhammad SAW itulah yang akan menjadi syafaat penolong kita dihadapan Allah Subhanahu Wa Ta'ala, karena sudah masuk hari Mizan timbangan.


2. Perbanyak Sedekah.

Sedekah yang berkualitas itu adalah banyak dan ikhlas. Tidak ada satupun manusia dibuat miskin oleh Allah karena bersedekahnya. Karena janji Allah dalam Surah Al-Baqarah, 1 (satu) ganti dengan 7 (tujuh), 7 (tujuh) diganti dengan 100 (seratus) kali kelipatan. Sedekah itu tidak akan membuat orang miskin dan tidak membuat orang susah.


3. Sholat jangan ditinggalkan.

Yang lebih baik dapat menjaga hubungan silaturahim Sesama dan hubungan kepada Allah SWT.


Salah satu sifat umat Muhammad adalah umat Muhammad Itu 'ruhama bainahum' harus melakukan hubungan kasih sayang. Kalau andaikata kita sibuk memutuskan silaturrahim, itu bukan umat Nabi Muhammad.


Kalau ingin memperluas rezeki memperpanjang umur cari keberkahannya dari mana?, Silaturahim.


Nek kowe gawe sesuatu sing becik, ojo pernah harap ke manungso iku sing balas. Nek kowe sing harap de'e, maka kowe jadi menungso

 paling kecewa. Tapi coba harap ke gusti Allah kowe enggak akan bakalan kecewa." Penyampaian Ustadz Suksesno, S.Pd.I.


Pada akhir kegiatan, dilaksanakan pemberian santunan kepada beberapa orang anak yatim yang diwakili oleh seorang anak yatim yang dihadirkan dari Pondok Pesantren Nahdhatul Ulum. 


Selanjutnya acara itu tutup dengan Dzikir dan Shalawat serta doa yang dibawakan oleh Ustadz Heri Kusmiadi, S.HI yang merupakan salah seorang ketua DPP KJL Raya Divisi Keagamaan, serta pemilik dan Pembina pondok pesantren Nahdhatul Ulum, Aek Paing, Kecamatan Rantau Utara, Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu. (Rilis)