Hari Kedua, Vaksinasi di Kelurahan Koto Panjang Dalam Dipusatkan di BPP -->

Hari Kedua, Vaksinasi di Kelurahan Koto Panjang Dalam Dipusatkan di BPP

Kamis, 18 November 2021

Lurah Koto Panjang Dalam, Wildatul Aini dampingi Ilham Putra (29), vaksinasi 


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Menindaklanjuti instruksi Wali Kota Payakumbuh terkait percepatan pelaksanaan vaksinasi, Lurah Koto Panjang Dalam, Wildatul Aini dibantu vaksinator dari Puskesmas Lampasi melaksanakan vaksinasi covid-19 dosis II di Aula Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), di RT 3 / RW 03 Koto Panjang Dalam, Kecamatan Lampasi Tigo Nagari, Kota Payakumbuh, Kamis (18/11/2021) pagi.


Sebelumnya, pada Rabu (17/11/202) siang pelaksanaan vaksinasi juga telah dilangsungkan di kantor Lurah setempat, yang diikuti 95 warga.


"Ya, hari ini kita lanjutkan gebyar vaksinasi kelurahan khusus dosis kedua untuk 40 warga. Namun juga kita layani untuk dosis pertama. Dari daftar hadir tampak warga ikut vaksinasi tahap I sebanyak 6 orang, untuk pagi ini. Kami rasa, jelang siang akan bertambah,"terang Lurah Wildatul Aini.


Disinggung terkait capaian vaksinasi kelurahan Koto Panjang Dalam, Lurah Wildatul Aini menyebut, hingga kemaren capaian vaksinasi baru diangka 56 %.


"Penduduk kita berjumlah 2305 jiwa, sedang wajib vaksin 1791 orang. Kemaren di kantor Lurah diikuti 95 orang. Bisa divaksin sebanyak 84, sedang 11 orang lainnya ditunda karena alasan kesehatan,"terang Wildatul Aini yang dilantik 10 bulan lalu ini.


"Hari ini kita targetkan 40 orang dosis II, jenis Sinovac. Namun ada yang ikut vaksin dosis I pertama 6 orang, jenis Pfizer. Mayoritas ikut vaksin adalah anggota kelompok tani,"imbuh Wil.


Terkait warga yang belum divaksin, Lurah Wil menyebut bahwa tim Satgas terus bergerak melakukan mediasi dan pendekatan lebih terhadap warga yang belum vaksin. Langkah door to door sudah kita jalani hingga jemput warga. Jika langkah ini masih belum optimal, kita bakal lanjut turun dengan pernyataan. Selama ini, tidak ada penolakan berarti. Rata-rata keterlambatan vaksin dipengaruhi kondisi tensi tinggi pada warga. Usai makan obat penurun tensi, kita datangi warga, untuk pola door to door.


"Insya Allah, Antusias warga kita untuk ikut vaksin, masih tinggi. Terkait keterangan komorbit kita serahkan kepada OPD berwenang,"ujar Wil.(Ul)