Pohon Tumbang Di Kelok 44, Puluhan Kendaraan Tersekat -->

Pohon Tumbang Di Kelok 44, Puluhan Kendaraan Tersekat

Jumat, 19 November 2021

 

Petugas Gabungan bersama masyarakat membersihkan material pohon besar yang badan jalan kelok 5

Lubuk Basung, fajarsumbar. com - Akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi Jumat siang, mengakibatkan batang kayu berukuran  besar tumbang kejalan di kawasan Kelok 44, Jorong Pasar maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Jumat (19/11/2021).


Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Irman menyampaikan, lokasi tumbangnya pohon besar berada dikelok 5 dari arah Maninjau. 


Tumbangnya pohon besar yang menutupi jalan dipicu oleh hujan deras disertai angin kencang yang melanda daerah tersebut." Katanya.


Bencana  tersebut  terjadi sekitar pukul 16.15 WIB sore. Akibat  derasnya hujan disertai angin kencang, sehingga  pohon tidak kuat menahan terjangan angin,” tambahnya.


Tumbangnya pohon tersebut menutup ruas jalan Kelok 44 , akses lalu lintas pengendara di jalur provinsi itu sama sekali tak bisa dilewati saat ini.  Akibatnya terjadi penumpukan kendaraan yang terjebak macet di lokasi.


Untuk penanggulangan pihaknya aku Kabid, sudah berkoordinasi dengan aparat setempat sekaligus melakukan asesmen dan pendataan. Pusdalops dan Satgas PB BPBD Agam bersama tim gabungan sudah turun ke lokasi kejadian untuk penanganan.


“Saat ini proses pembersihan masih berlangsung. Tim BPBD dibantu pihak kecamatan, wali nagari, jorong, warga sekitar serta pengguna jalan masih bekerja,” katanya.


Ia mengimbau, masyarakat yang akan  melalui Kelok 44, agar bersabar dan selalu berhati-hati. Menyusul ukuran pohon yang tumbang cukup besar, sehingga proses pembersihan material dinilai akan cukup memakan waktu.(Yanto)