Sekdako Pariaman Pantau Pelaksanaan ANBK -->

Iklan Atas

Sekdako Pariaman Pantau Pelaksanaan ANBK

Selasa, 16 November 2021
Sekdako Kota Pariaman, Yota Balad saat memantau lokasi pelaksanaan ANBK di SDN 04 Kajai dan SDN 12 Cubadak Mentawai. (Dok)



Kota Pariaman - Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yota Balad didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi dan para pengawas memantau pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SDN 04 Kajai dan SDN 12 Cubadak Mentawai, Kecamatan Pariaman Timur, Selasa (16/11) pagi.


Pelaksanaan ANBK untuk murid kelas V (lima) SD/MI ini dilaksanakan di 79 SD/MI se Kota Pariaman yang dimulai sejak kemarin, Senin, 15 November 2021.


"Hari ini kami meninjau langsung pelaksanaan ANBK di SDN 04 Kajai dan SDN 12 Cubadak Mentawai, alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar dan murid pun sangat konsentrasi mengikutinya ," ujar Yota Balad.


Yota berharap Kota Pariaman melalui Dinas Pendidikan dapat menerapkan IT ini di sekolah-sekolah mulai dari kelas I SD/MI, karena ujian sekarang ini sudah berbasis IT (secara online) dan hasil ujiannya langsung dipantau oleh Kementerian Pendidikan.


"Mudah-mudahan hal ini dapat mencetak murid yang melek IT dan guru yang profesional serta dapat memberikan pengenalan metode pembelajaran secara IT (Ilmu Teknologi) terhadap murid pada usia dini, sehingga pelaksanaan ANBK ini dapat menghasilkan pemetaan terhadap murid, dengan begitu guru dapat melihat potensi-potensi para murid-muridnya ," tukasnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi mengatakan Pelaksanaan ANBK di SD/MI se Kota Pariaman ini merupakan salahsatu terobosan pemerintah dalam melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap sekolah. ANBK diklaim sangat penting untuk meningkatkan mutu sistem pendidikan di Indonesia. ANBK ini berfungsi untuk pemetaan sekolah dan sangat berpengaruh terhadap penentuan akreditasi sekolah.


“Untuk Kota Pariaman pelakanaan ANBK dibagi menjadi 2 (dua) gelombang. Gelombang pertama dilakukan mulai Tanggal 15 s.d 18 November 2021 dan gelombang kedua tanggal 22 s.d 25 November 2021 ," pungkasnya. (heri)