Bupati Pd.Pariaman Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2021 -->

Iklan Atas

Bupati Pd.Pariaman Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2021

Kamis, 23 Desember 2021

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur Pimpil Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin tahun 2021 (foto.dok.pro)


Parik Malintang
- Apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021, dalam rangka pengamanan perayaan Natal tahun 2021 dan Tahun Baru (Baru) 2022. Apel gelar pasukan ini, melihat aspek personal maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait Polri, TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas. 


Hal ini diungkapkan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur membacakan sambutan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), ketika menjadi pembina Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021 di Lapangan Polres Padang Pariaman, Kamis (23/12).


Kata dia, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021 selama 10 hari akan dilaksanakan 24 Desember 2021 _ 2 Januari 2022. Dalam hal ini, mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tak kalah penting,menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Sehingga warga masayarakat merasa nyaman dan tenang.


"Pelaksanaan pengamanan Nataru tahun 2022, Polri telah menyiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 Personel TNI, serta 55.086 personel dari instansi terkait lainnya. Personel akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan. Sedangkan pengamanan kambtibmas dan kamseltibcar lantas, dan 675 pos pelayanan. Terutama untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan" sebutnya 


Menurut dia, pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap dinamika perkembangan masyarakat. Apalagi dimasa pandemi covid-19, kita harus lebih peduli. Apalagi menimbulkan klastre-klaster baru penyebaran Covid-19


Kapolri berharap agar seluruh Kasatwil mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien. Hal itu dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakterisitik kerawanan pada masing-masing daerah.


Apel gelar pasukan dihadiri Kapolres Padang Pariaman AKBP. M. Qori Oktohandoko, SH. SIK. MH. Dandim 0308 Pariaman diwakili Pasi Ops. Lettu Delri Putra, Wakapolres Kompol. Alfias Marzuki, Kadishub Rifki Monrizal, SH. MSi. Kadinkes Drs. Yutiardy Riva'i, Apt, Kasatpol. PP dan Damkar Rianto, SH. MM, Kalaksa BPBD diwakili Kabid KL Edison, S.Sos, GM. Angkasa Pura II diwakili Kamardi serta PJU dan Kapolsek di wilayah Polres Padang Pariaman.


Apel gelar pasukan diakhiri dengan pemeriksaan pasukan oleh Pembina didampingi Kapolres, Dandim beserta pejabat lainnya, dan dilanjutkan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan masing-masing pasukan dan regu. (r-co)