Dinas Pertanian Sijunjung Serahkan 188 Unit Alsintan ke Kelompok Tani -->

Adsense-ATAS

Dinas Pertanian Sijunjung Serahkan 188 Unit Alsintan ke Kelompok Tani

Kamis, 23 Desember 2021

Saat penyerahan alat alsintan kepada pengurus kelompok tani oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir


Sijunjung, fajarsumbar.com - Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah masa pandemi ini. Berkat koordinasi dengan baik, mulai dari pusat sampai ke provinsi dan Kabupaten Sijunjung bisa meraih bantuan untuk masyarakat.


"Sedikitnya Rp40 miliar lebih pemerintah Kabupaten Sijunjung, menyalurkan bantuan ke masyarakat di bidang pertanian pada tahun 2021," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung Ir. Ronaldi saat acara penyerahan bantuan alat Pertanian (alsintan) di halaman Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung Kamis (23/12/2021)


Dikatakannya juga penyaluran bantuan tersebut dalam berbagai bentuk, salah satunya penyerahan bantuan alsintan pada hari ini 188 unit dari berbagai alat-alat alsintan tersebut, mulai dari traktor roda dua sampai mesin pemotong rumput, selain bantuan berupa alat mesin kemasyarakat, tentunya berupa pembukaan jalan pertanian dan Pembangunan irigasi untuk sawah pertanian dan lainnya.


Untuk itu kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung Ir. Ronaldi berpesan agar bantuan yang diserahkan hari ini ke kelompok atau pengurus yang menerima bantuan bisa di jaga dengan baik sehingga bisa dimanfaatkan sesuai dengan apa yangdiharapkan, jelasnya.


Foto bersama seusai penyerahan bantuan alsintan


Sementara itu Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir. S.S.TP. M.Si dalam sambutannya mengatakan dengan adanya bantuan yang diserahkan hari ini lebih bisa mengangkat perekonomian khusus di kabupaten Sijunjung karena, pertanian adalah sebagai ujung tombak sebagai leding sektor program unggulan di Kabupaten Sijunjung.


Dikatakannya juga, dia merasa senang dan bersukur Khusus Sumatera Barat. Kabupaten Sijunjung salah satu kabupaten yang dapat perhatian pemerintah baik pusat maupun pemerintah propinsi  yang diberikan bantuan-bantuan alat pertanian ini, seperti yang dilaporkan oleh Kepala Dinas Pertanian, beberapa sumber pendanaan yang telah diterima selama tahun 2021 ini.


Dalam kesempatan tersebut Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir juga berpesan agar bantuan yang sudah diterima agar bisa dimanfaatkan dengan baik dan jangan setelah diterima dibiarkan begitu saja atau dikuasai oleh satu orang karena ini adalah alat yang diberikan untuk kelompok-kelompok tani 


Karena saat ini masih belum semua masyarakat yang mendapat bantuan alsintan ini, masih banyak lagi petani-petani kita yang butuh alat-alat pertanian. Untuk itu manfaatkanlah sebaik-baiknya, mudah-mudahan Sijunjung tanahnya luar biasa apapun ditanam tidak ada yang tidak tumbuh sepanjang dikelola dengan baik. Mudah mudahan tak lama lagi akan ada satu Fakultas Pertanian UNP kampus nasional yang juga akan membantu daerah untuk memajukan di sektor pertanian mudah-mudahan melalui potensi-potensi seperti ini yang bisa mengayomi kita menjadi fokus di sektor pertanian ini," jelasnya.


Dalam kesempatan itu Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir juga menyebut Kabupaten Sijunjung salah satu penghasil manggis terbesar di Indonesia sementara yang dapat manfaat saat ini adalah daerah tetangga seperti Payakumbuh.


"Untuk itu ke depan bagaimana kita sendiri yang akan langsung mengekspor hasil buah-buahan yang ada di kabupaten Sijunjung nantinya, dan kebetulan saya bertemu dengan menteri pertanian beliau juga mengarahkan ke devisi ekspor impornya terkait dengan potensi buah-buah unggulan," pungkasnya.


Hadir dalam kesempatan tersebut, selain Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir. S.S.TP. M,Si, juga dihadiri Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah. S,pt, Kepala Dinas Pertanian Ir. Ronaldi, beserta jajarannya. anggota DPRD Kabupaten Sijunjung Rusdiantoni , para kelompok tani dan undangan lainnya. (def)