Kedatangan Sekjen PBB di Ukraina Disambut dengan Serangan Rudal Rusia -->

Iklan Atas

Kedatangan Sekjen PBB di Ukraina Disambut dengan Serangan Rudal Rusia

Jumat, 29 April 2022

 

Serangan rudal Rusia hantam Kyiv saat Sekjen PBB datang 

UKRAINA - Ukraina mengutuk serangan rudal Rusia di Kyiv pada Kamis (28/4) malam, yang terjadi saat Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyelesaikan kunjungan ke ibukota Ukraina.


Dua ledakan menghantam distrik Shevchenko tengah di Kyiv dan tiga orang dibawa ke rumah sakit karena cedera, sebagaimana dikutip Okezone.com.


"Hari ini, segera setelah akhir pembicaraan kami [dengan Guterres] di Kyiv, rudal Rusia terbang ke kota. 5 rudal. Ini mengatakan banyak tentang sikap Rusia yang sebenarnya terhadap institusi global. , tentang upaya kepemimpinan Rusia untuk mempermalukan PBB dan segala sesuatu yang diwakili organisasi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan respons yang tepat dan kuat,” terang Presiden Volodymyr Zelensky, dalam pesan video hariannya.


Serangan rudal Rusia di Ukraina — di Kyiv, Fastiv, Odesa, Khmelnytskyi, dan kota-kota lain — membuktikan sekali lagi bahwa kita belum bisa bersantai, kita tidak bisa berpikir bahwa perang sudah berakhir. Kita masih harus berjuang, kita perlu mengusir penjajah,” lanjutnya.


Di kesempatan itu, Zelensky mengatakan Guterres memiliki kesempatan untuk menyaksikan sendiri "semua kejahatan perang" yang dilakukan oleh Rusia di Ukraina.


Pemimpin Ukraina itu kembali menggambarkan tindakan Rusia di negaranya sebagai "genosida".


Selama pertemuan dengan @antonioguterres di Kyiv, kami mendengar ledakan. Rusia meluncurkan serangan rudal di ibu kota. Saya yakin bahwa perilaku menentang penjajah seperti itu akan dinilai dengan baik oleh Sekjen PBB. Perang di #Ukraina adalah serangan terhadap keamanan dunia!,” cuit Perdana Menteri (PM) Ukraina, Denys Shmyhal.


"Pada 28 April, pukul 20:13, Layanan Darurat Negara di Kyiv menerima laporan kebakaran di distrik Shevchenkivskyi di ibu kota. Akibat tembakan musuh, kebakaran terjadi di gedung tempat tinggal 25 lantai dengan penghancuran sebagian lantai 1 dan 2. Pukul 21:25, api berhasil dipadamkan di area seluas 100 meter persegi ... Operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung. Menurut data awal, 5 orang berhasil diselamatkan dan 10 orang luka-luka. Informasinya sedang diklarifikasi,” ujar sebuah pernyataan dari Layanan Darurat Negara di Kyiv.


Sementara Guterres mengatakan dewan gagal mencegah atau mengakhiri perang di Ukraina.


“Ini adalah sumber kekecewaan besar, frustrasi dan kemarahan," katanya.


"Biarkan saya menjadi sangat jelas: [itu] gagal melakukan segala daya untuk mencegah dan mengakhiri perang ini," lanjutnya. 


Dewan Keamanan PBB yang beranggotakan 15 orang secara khusus ditugaskan untuk memastikan perdamaian dan keamanan global.


Tetapi telah menghadapi kritik, termasuk dari pemerintah Ukraina, karena gagal bertindak sejak invasi dimulai pada Februari lalu.


Rusia adalah salah satu dari lima anggota tetap badan tersebut dan telah memveto lebih dari satu resolusi mengenai konflik tersebut.


Guterres berbicara pada Kamis (28/4) malam pada konferensi pers bersama dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang sebelumnya mengkritik Dewan Keamanan.


Saya di sini untuk mengatakan kepada Anda, Tuan Presiden, dan kepada rakyat Ukraina, kami tidak akan menyerah," katanya.


Tapi Guterres juga membela organisasinya, mengakui bahwa sementara Dewan Keamanan telah "dilumpuhkan", PBB mengambil tindakan lain.


"PBB adalah 1.400 anggota staf di Ukraina yang bekerja untuk memberikan bantuan, makanan, uang tunai [dan] bentuk dukungan lainnya," ujarnya kepada BBC. 


uterres juga mengunjungi beberapa situs di mana Ukraina menuduh Rusia melakukan kejahatan perang. Moskow membantah tuduhan itu.


Di kota Borodyanka, barat laut Kyiv, Guterres berbicara kepada wartawan di depan gedung-gedung yang telah dihancurkan oleh serangan dan penembakan.


Dia mengatakan situs itu membuatnya membayangkan seperti apa jadinya bagi keluarganya sendiri, menyebut perang di Ukraina sebagai "absurditas di abad ke-21."


Guterres membuat permohonan yang penuh semangat untuk menyelamatkan ribuan orang di kota Mariupol di selatan Ukraina, yang sebenarnya telah dihancurkan oleh pengeboman berat Rusia selama berminggu-minggu.


"Mariupol adalah krisis di dalam krisis," katanya.


"Ribuan warga sipil membutuhkan bantuan untuk menyelamatkan jiwa, banyak yang lanjut usia dan membutuhkan perawatan medis, atau memiliki mobilitas terbatas. Mereka membutuhkan jalan keluar dari kiamat,” ungkapnya.


Rusia sejauh ini menolak permintaan berulang kali oleh Kyiv untuk mengizinkan para pembela terakhir Ukraina dan warga sipil yang terperangkap di kawasan industri Azovstal dievakuasi.


Namun Guterres kemudian mengatakan kepada BBC bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah setuju "pada prinsipnya" untuk mengizinkan warga sipil mengungsi dari kota.


Upaya evakuasi sebelumnya terhenti dan pejabat setempat menyalahkan penembakan Rusia. (*)