Objek Wisata Pantai Carocok Pessel Tertata Rapi -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Objek Wisata Pantai Carocok Pessel Tertata Rapi

Jumat, 08 April 2022
.


Pessel - Kawasan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Objek Wisata Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan terlihat semakin indah dan menarik. 


Puluhan lapak PKL itu diberi tenda seragam berwarna oranye sehingga kawasan lebih indah dipandang mata. 


"Alhamdulillah, terimakasih kami telah dibantu tenda seragam ini, sehingga kawasan kita berdagang tertata rapi dan terlihat lebih menarik," jelas Inola Anwar salah seorang PKL di Carocok Painan, Rabu (6/4).


Diketahui, kawasan PKL yang berada di area utama parkir Carocok Painan tersebut merupakan tindak lanjut dari pemerintah daerah yang merelokasi puluhan pedagang yang selama ini berjualan di tempat-tempat yang mengurangi nilai keindahan kawasan objek wisata.


Karena tidak teratur dan tertata, pemerintah daerah melalui Dinas Perdagangan, Pariwisata, Perhubungan dan Satpol PP dan Damkar beserta Wali Nagari Painan Selatan beberapa waktu lalu mengajak masyarakat untuk pindah ke area relokasi yang ditentukan yaitu di area parkir Carocok Painan.


Dan kini, para PKL ditempatkan di satu titik, mereka diberi tenda gratis warna oranye yang dibantu melalui CSR Bank Nagari dengan total anggaran Rp200 juta.


Meski demikian, Inola Anwar PKL Carocok Painan meminta agar dinas perhubungan dapat mengarahkan mobil wisatawan yang masuk ke area parkir. Tujuannya, agar wisatawan dapat melintasi area pedagang dan berbelanja.


"Tapi, saya lihat dinas perhubungannya belum optimal. Mobil-mobil yang datang kadang ada yang diarahkan ke parkir kadang tidak. Sehingga mobil wisatawan ada yang parkir di panggung utama Carocok," jelasnya.(*/wandi)