Pemkab Tanah Datar Gelar Rapat Tekhnis Persiapan Progul Satu Nagari Satu Event -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Pemkab Tanah Datar Gelar Rapat Tekhnis Persiapan Progul Satu Nagari Satu Event

Jumat, 15 April 2022

Rapat Tekhnis persiapan Satu Nagari Satu Event, di Aula Kantor Bupati, Kamis (14/4) 

 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) matangkan persiapan pelaksanaan Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Event, dengan menggelar rapat teknis dengan sejumlah pihak terkait, di Aula Kantor Bupati, Kamis (14/4/22). 


Rapat tekhnis dihadiri Asisten Abdul Hakim, Dinas Pariwisata, Tim Pengkajian dan Perumusan Kebijakan Percepatan Pembangunan (TP2KP2), Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di 14 Nagari dan Tim Kurator yang bertugas untuk mendampingi pelaksana. 


Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Efrison mengatakan, salah satu perhelatan Satu Nagari Satu Event dalam waktu dekat adalah "Sepekan Alek Nagari Andaleh", yang akan dilaksanakan di Nagari Andaleh Baruah Bukik 4-10 Mei 2022 mendatang. Pada intinya pelaksanaan program Satu Nagari Satu Event, bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tanah Datar.


"Dengan adanya Progul Satu Nagari Satu Event ini, selain untuk meningkatkan kunjungan wisata, juga wisatawan semakin lama lagi tinggal di Nagari kita, dengan itu nantinya diharapkan akan lahir juga homestay-homestay di Nagari," kata Efrison. 


Efrison menjelaskan, untuk terlaksananya Progul Satu Nagari Satu Event Pemda Tanah Datar melalui Dinas Pariwisata, akan membantu anggaran sebesar Rp.50 Juta per Nagari termasuk pajak."Bantuan tersebut akan ditransfer dan akan dikelola oleh Pokdarwis, sebagai panitia pelaksana dan penggunaan anggaran disesuaikan dengan event," jelasnya. 


Kabid tambahkan, untuk pelaksanaan Satu Nagari Satu Event pada tahun 2022 ini, dari 14 Nagari yang ada di Kabupaten Tanah Datar, baru 6 Nagari yang menyepakati penggunaan anggaran bantuan dari pemerintah daerah. "Diharapkan, Nagari yang belum menyepakati untuk segera mengkoordinasikan sesuai dengan kebutuhan di lapangan, dengan catatan sesuai dengan aturan yang berlaku," jelasnya.


Efrison katakan lagi, agar pelaksanaan Satu Nagari Satu Event lebih profesional dan terlaksana dengan sukses dan lancar, Dinas Pariwisata Tanah Datar melibatkan tim TP2KP2 dan Kurator, yang bertugas untuk mendampingi pelaksana untuk mengemas pelaksanaan event. "Untuk tim kurator terdiri dari tim akademisi dari IAIN Batusangkar, STP Bandung, pemerhati budaya, seniman dan pelaku seni," pungkasnya. 


Sementara Ketua Tim TP2KP2 Tanah Datar Hijrah Adi Syukrial mengatakan, untuk pelaksanaan Satu Nagari Satu Event perlu adanya persamaan persepsi dari semua pihak, bahwa event yang dilaksanakan pada 2022 ini adalah event yang terencana dengan melibatkan banyak orang.


Adanya event satu Nagari ini sampai Hijrah, selain meningkatkan kunjungan dan ekonomi masyarakat, banyak hal lain yang bisa didapatkan. Diantaranya pelestarian alam, pelestarian budaya, ajang kreatifitas anak Nagari, dan meningkatkan ekonomi masyarakat. 


"Karena disetiap kegiatan atau keramaian, disitu pasti ada aktivitas jual beli, sewa menyewa, jasa, dan segala macamnya yang bisa menggeliatkan ekonomi masyarakat," kata Hijrah. (F12)