Rombongan Safari Ramadhan Bupati Safaruddin Kunjungi Jorong Kambuik -->

Adsense Atas-STIE AKBP

Rombongan Safari Ramadhan Bupati Safaruddin Kunjungi Jorong Kambuik

Senin, 04 April 2022
.


Limapuluh Kota, fajarsumbar.com - Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo lakukan safari Ramadhan bersama rombongan Polda Sumatra Barat. Safari Ramadhan 1443 Hijiriah tahun 2022 pertama, pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota bersama Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar itu menyambangi masjid Al-Jihad, Jorong Kambuik, Nagari Baruah Gunuang, Kecamatan Bukit Barisan, Minggu (3/4/2022).


Tokoh masyarakat sekaligus pengurus masjid Al-Jihad Safrisman, mengungkapkan rasa syukurnya atas kunjungan tim safari ramadhan Provinsi ke daerahnya. Selain bantuan pembenahan masjid ia juga berharap perhatian pemerintah daerah terhadap infrastruktur di wilayah tersebut. Terkhusus beberap titik akses jalan yang belum memadai sebagai akses masyarakat.


“Selain bantuan masjid, perhatian dan pembenahan infrastruktur dari pemerintah daerah Kabupaten Limapuluh Kota sangat kami harapkan. Masih banyak berlobang yang membahayakan pengguna jalan,” harap Safrisman dalam sambutannya.


Gayung bersambut, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo menyampaikan pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota telah menganggarkan dana sebesar 16,5 Miliar untuk perbaikan infrastruktur di Nagari Baruah Gunuang dan sekitarnya. 


"Saat ini kita telah anggarkan dana perbaikan infrastruktur untuk daerah ini, harapan kita bersama agar segera cair dan tidak ada lagi pemotongan, supaya infrastruktur didaerah kita menjadi lebih baik," ungkap Safaruddin menjawab keluh kesah masyarakat Baruah Gunuang.


Dikatakannya, safari ramadhan kali ini merupakan safari perdana baik itu pemerintah Provinsi maupun Kabupaten usai beberapa tahun terhenti akibat covid-19. 


"Ini merupakan tahun pertama kembali dilakukannya safari ramadhan, baik itu di pemerintah Provinsi maupun Kabupaten karena tahun sebelumnya Safari ramadhan ini ditiadakan dikarenakan pandemi covid-19. 


Disampaikan Safaruddin, tahun 2022 ini Pemkab Lima Puluh Kota akan melakukan safari atau kunjungan ke 35 masjid yang tersebar di Lima Puluh Kota dan terdiri dari 7 tim. 


"Setiap Nagari yang dikunjungi mendapatkan bantuan pembangunan dari pemerintah, memang tidak seluruh masjid di Lima Puluh Kota dapat kita kunjungi, sebab keterbatasan anggaran dan hal lainnya. Namun hal itu dapat kita tanggulangi dengan terus melakukan swadaya dengan bersama-sama memberi bantuan membangun masjid, dan terus memperbanyak amal ibadah selama bulan suci ramadhan ini," pungkas Safaruddin.


Sementara itu, Dirresnarkoba Polda Sumbar Kombes Pol Roedy Yulianto, dalam sambutannya mengatakan safari ramadhan tahun ini merupakan safari ramadhan pertama setelah 2 tahun vakum karena pandemi covid-19, dan kegiatan ini sangat dinanti-nantikan bersama. 


"Alhamdulillah kegiatan ini telah bisa kita laksanakan lagi ditahun ini. Namun walaupun telah bisa diselenggarakan kita jangan pernah abai terhadap protokol kesehatan dimanapun berada. Selain itu, kepada masyarakat saya juga mengajak untuk melaksanakan vaksin, ini semua demi kepentingan kita bersama,"ungkapnya.


Dirinya juga melanjutkan pesan Kapolda untuk mengajak masyarakat menjadikan Ramadhan kali ini sebagai momentum untuk menjaga persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat. 


"Pak Kapolda berpesan untuk selalu menjaga persatuan dimanapun kita berada. Jadi jika ada permasalahan, mari kita selesai dengan musyawarah dan tidak harus melapor langsung kepada pihak yang berwajib,” sambungnya.


Dalam bentuk tanggungjawab, Roedy juga mengingatkan kepada masyarakat di Nagari Baruah Gunuang akan bahaya narkoba, mengingat Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan salah satu jalur perlintasan. 


"Jadi mari kita jaga dan kita awasi keluarga kita dari barang haram ini, jangan sampai para pemuda, anak-anak kita terjerumus akan jeratan narkoba sebab ini akan bisa menghancurkan masa depan kita semua. Oleh sebab itu, kami mangajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dan keluarga,"tutupnya.


Di penghujung kegiatan, Usai memberikan sambutan, Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumbar menyerahkan bantuan pembangunan masjid sebesar 50 Juta Rupiah kepada pengurus masjid Al-Jihad dan disaksikan oleh Bupati serta masyarakat Nagari Baruah Gunuang.


Sebelumnya, rombongan Tim safari Ramadhan Polda Sumbar tersebut di sambut langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin dt Bandaro Rajo bersama Kapolres Lima Puluh Kota, AKBP Trisno Eko Santoso, anggota DPRD Lima Puluh Kota, Doni Ikhlas, dan beberapa OPD di Lingkungan Pemkab Lima Puluh Kota di rumah dinas bupati, Labuah Basilang sebelum melanjutkan perjalanan kelokasi safari ramadhan. (Ul)