Wujudkan Pendidikan Karakter, Pemko Payakumbuh Menuju Merdeka Belajar -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Wujudkan Pendidikan Karakter, Pemko Payakumbuh Menuju Merdeka Belajar

Rabu, 13 April 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Mendukung program nasional, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi dan Wakil Wali Kota Erwin Yunaz lahirkan visi dan misi. Dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Wali Kota Payakumbuh terapkan pendidikan karakter guna menyukseskan kurikulum 2013 dengan penekanan pada misi pada poin 5(lima), "Mewujudkan masyarakat berakhlak mulia dan berbudaya berdasarkan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Berbagai tugas pokok dan fungsi dikembangkan dan diintegrasikan pada setiap OPD di Payakumbuh, terkhusus pada Dinas Pendidikan yang dikepalai Dr. H. Dasril, S.Pd, M. Pd beserta jajaran. Bertahun sudah Kurikulum 2013 diterapkan di Payakumbuh, baik di pendidikan formal dan non formal dan paket kesetaraan.

 

Sebagaimana yang dijalankan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh saat Ramadhan tahun 2022 ini, yakni Pesantren Ramadhan yang diperuntukkan untuk semua sekolah di jajaran Dinas Pendidikan. Mulai dari tingkat Paud, TK, SD dan SMP. Untuk mendukung pendidikan karakter, Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh sebelumnya juga laksanakan paket kesetaraan untuk umum, termasuk bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Payakumbuh. Untuk mendukung pendidikan karakter pada pendidikan non formal, Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh kucurkan dana untuk pembinaan guru TPQ dan MDTA serta peningkatan insentif bagi guru tahfiz di sekolah negeri dan swasta.

 

"Begitu banyak kesibukan yang kita jalani di bulan Ramadhan tahun ini. Awal Ramadhan kita awali dengan Pesantren Ramadhan mulai dari tingkat Paud hingga SMP,  negeri dan swasta. Kalau SMA kewenangan provinsi. Setelah 2 tahun vakum, pesantren Ramadhan tahun ini kita laksanakan di sekolah masing-masing. Lebih efektif dan berhasil guna. Terkait supor, Kita bantu honor pemateri Pesantren Ramadhan sesuai kuota. Alhamdulillah, pesantren Ramadhan yang dilaksanakan mulai tanggal 4 sd 9 April 2022 berjalan sesuai juknis. Berjalan efektif 100 persen sukses dan kita sudah monitoring ke lokasi,"terang Kadis Pendidikan Dasril diamini Kabid Dikdas, Fiqih Rahmat, Kabid Paud dan PNFI, Syafni Hasni dan Kabid PTK Denil Devo, Rabu (13/04/2022) pagi.

 

"Terkait materi pesantren Ramadhan kita sesuaikan dengan kondisi siswa. Seperti problematika remaja zaman now, pengaruh digital bagi anak, ma'rifatullah. Terkait pemateri yang kita pantau saat monitor, ada diundang dari tokoh agama, MUI, ahli psikologi dan guru PAI. Sementara, untuk memotivasi para guru tahfiz, kita sudah distribusikan insentif, yang nominalnya kita tingkatkan dari tahun sebelumnya. Demikian juga untuk insentif guru TPG dan MDTA,"ulas Dasril.

 

Terkait pelaksanaan Pesantren Ramadhan di sekolah sebagaimana kita serahkan kepada kepala sekolah, namun harus tetap mengedepankan protokol kesehatan. Kami pesankan, kepada sekolah besar agar melakukan sistem shif. Dari pengamatan di MTsN 2 Payakumbuh melalui MKK SMP/MTs, pesantren Ramadhan di madrasah dilaksanakan secara shif. Minggu pertama dilaksanakan pesantren untuk pegawai dan guru. Minggu Kedua, Pesantren ramadhan diperuntukkan untuk siswa kelas VII, Mingggu ketiga untuk kelas VIII. Sedang siswa kelas IX dibebankan mencatat kegiatan bulan Ramadhan. Dan sekolah di jajaran dinas pendidikan , kita tetapkan menyibukkan siswa dengan kegiatan Ramadhan, untuk mengurangi keluyuran bagi siswa,”ulasnya.


Ternyata , pesantren Ramadhan bukan saja diperuntukkan bagi pendidikan formal. Pendidikan Non Formal pun ikut laksanakan program ini. Sebagaimana diterangkan Kadiknas melalui Kabid Paud dan PNFI, Syafni Hasni. Bahwa pesantren Ramadhan juga diikuti 144 PAUD, TK, KB, dan TPA sesuai kondisinya. Demikian juga dengan lembaga keagaaman. Setidaknya ada 189 TPQ dan MDTA yang jalankan pesantren Ramadhan.

 

"Kita mencoba memberikan peningkatan pelayanan, melalui dengan koordinasi dan bersinergi dengan Kemenag. Selanjutnya, kita juga laksanakan program pendidikan kepada 833 peserta kesetaraan paket terdaftar di Dapodik. Sebagian peserta paket sudah ikuti Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK). Jumlahnya 396 dengan rincian 72 siswa paket A, 168 siswa paket B, dan Paket C sebanyak 156 siswa. Untuk Payakumbuh yang menjalani paket A sebanyak 116 orang, paket B sebanyak 396 siswa, dan paket C sebanyak 318 orang. Program ini sangat membantu suksesi pendidikan karakter, cukup berperan,"papar Syafni Hasni.

 

Dilain sisi di bulan Ramadhan 2022, sekolah di jajaran Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh sibuk mengikuti rekrutmen tenaga pendidik dan kepala sekolah dalam Program Sekolah Penggerak (PSP) yang digelontorkan Kemendikbud RI.


“Sejak awal tahun 2013, jajaran dinas pendidkan kota Payakumbuh sudah menjalankan kurikulum 2013. Insyaallah awal tahun ajaran 2022/2023 jajaran kita akan laksanakan Kurikulum Merdeka. Pelaksanaannnya langsung pada PAUD dan TK. Tingkat SD diterapkan untuk kelas I dan kelas IV. Kelas lain tetap kurtilas. Di tingkat SMP, kelas VII. Kurikulum merdeka ini telah diloncing tanggal 18 Februari 2022. Ada 3 tingkat kelas yang akan melaksanakan kurikulum merdeka sampai tahun 2024, secara bertahap. Satu tingkat kelas semua jenjang tahun 2022, kemudian 2023 dilaksanakan untuk 2 tingkat kelas. Dan 3 tingkat kelas pada tahun 2024. Jadi semua sekolah wajib melaksanakan kurikulum merdeka. Ini merupakan program nasional dalam menyonsong digitalisasi pendidikan.


"Menuju digitalisasi pembelajaran pendidikan, Pusdatin Kemendikbud RI juga telah memberikan akun kepada setiap tenaga pendidik dan kependidikan, serta peserta didik. Termasuk di Payakumbuh. Nama aplikasinya belajar.id. di dalamnya banyak kolom, dan materi terta tersedia ruang arsip penyimpanan berkapasitas besar dan gratis. Sampai Januari 2022 semua jajaran dan siswa wajib sudah aktifkan ID-nya. Bulan Februari hingga Juli 2022, semua kepala dan guru harus bisa menggunakan aplikasi ini. Kita akan undang narasumber, termasuk dari pusat. Kita akan libatkan kapten pembelajaran dan ko kaptennya. Untuk payakumbuh ada di SMAN 4 Payakumbuh. Sebelumnya kita di Bidang PTK sudah lakukan aktifasi hingga November – Januari kita lakukan aktifasi. Sudah aktif sekitar 70 persen. Untuk tingkat Paud sudah diatas 90 persen sampai saat ini. Dan sudah bisa dimanfaatkan,”terang Dasril.


Secara teknis, terkait program sekolah penggerak Dasril yang didampingi Kepala bidang terkait menyebut , untuk Sekolah Penggerak diikuti Kepala sekolah. Sekolah wajib menjalankan kurikulum merdeka dan anggaran disediakan kemendikbud. Sedang Guru Penggerak diikuti seluruh guru yang memiliki NUPTK dan rekomendasi dari Kepseknya. Selanjutnya, organisasi penggerak yang sasaran adalah para guru melalui Ikatan Guru Indonesia (IGI) yang dinyatakan kemendikbud lolos seleksi, untuk Kota Payakumbuh.

 

"Ada 40ribu guru ikut seleksi tahap I, namun yang dinyatakan lolos sekitar 12ribu di Indonesia. Payakumbuh mengutus Guru Penggerak sebanyak 545 orang. Hingga kini hasilnya belum keluar. Untuk angkatan ke 6 ada 300 kita yang ikut program ini. Sedangkan untuk Sekolah Penggerak, di Payakumbuh lolos 41 sekolah, SMA, 7 SMP, 18 SD, 15 PAUD dan 1 SLB. Payakumbuh merupakan jumlah sekolah nomor 2 terbanyak di Sumbar. Dan secara persentase yang lolos, Payakumbuh paling tinggi di Sumbar. PSP akan kita mulai di Payakumbuh di 2023, dan Sekolah lolos wajib ikut program ini,"tegas Dasril.

 

Terpisah, Nikmat Elva Kepala SDN 47 Payakumbuh yang akrab disapa Ninit. Ninit dinyatakan lolos seleksi tahap I untuk program sekolah penggerak. Diterangkannya, seleksi tahap I secara online ada 18 Kepala SD Kota Payakumbuh dinayatakan lolos sesuai Dirjen GTK Kemendikbud RI Nomor 0908/B3/GT.03.15/2022 tertanggal 4 April 2022.


“Dalam surat resmi itu ada beberapa rekan kita dari jajaran Diknas Payakumbuh lolos, dan bersiap untuk mengikuti seleksi tahap II berupa wawancara. Untuk tahap I, seleksi berupa soal essay. Ini merupakan sebuahpengalaman yang sangat berharga bagi kami yang lolos. Demikian juga untuk motivasi bagi rekan yang belum lolos, kedepan. Alhamdulillah,”ungkapnya.

 

Ungkapan senada juga disampaikan Isral, Kepala SMPN 03 Payakumbuh di Bukit Sitabua. “Alhamdulillah, kita bersama beberapa rekan, lolos seleksi tahap I. Selanjutnya kita bersiap untuk menghadapi seleksi tahap II (tanggal 9 April s.d 10 Juni 2022, secara daring juga. Memanfaatkan SIMPKB  dan menyiapkan sarpras terkait wawancara daring. Mendaftarnya juga online. Unsur yang dinilai adalah 4 kompetensi dan manajerial. Mohon doa agar kami semua bisa lolos, nantinya,”jelas Isral.(ul)