Calon Mahasiswa Baru Politeknik ATI Padang Dibebaskan Uang Pendaftaran dan Beri Beasiswa -->

Iklan Atas

Calon Mahasiswa Baru Politeknik ATI Padang Dibebaskan Uang Pendaftaran dan Beri Beasiswa

Jumat, 20 Mei 2022
Direktur Politeknik ATI Padang Dr. Ester  Edwar MP.d



Padang, fajarsumbar.com - Ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), pilih saja Politeknik ATI Padang. Tahun akademik 2022/2023 ini, Politeknik ATI Padang berikan keringanan uang pendaftaran dan beasiswa bagi calon mahasiswa baru.


Sebagai PTN vokasi di bawah binaan Badan Pegembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI), Tahun 2022 ini, Politeknik ATI Padang, membuka penerimaan pendaftaran untuk calon mahasiswa baru melalui Jalur Penerimaan Vokasi Industri (Jarvis) prestasi, Jarvis bersama dan jalur jarvis mandiri.


"Calon mahasiswa baru yang memilih jalur Jarvis Prestasi dan jalur Jarvis Bersama, bebas uang pendaftaran," ungkap Direktur Politeknik ATI Padang Dr. Ester  Edwar MP.d, ketika duhubungi fajarsumbar.com didampingi Pudir I Dr. Harmiwati, N.H. ST, Pudir II Irna Ekawati. MT dan Pudir III Dr. Lisa Nesti. M.Si di Kampus Poteknik ATI Padang, Kamis, (19/05/2022).


Penerimaan calon mahasiswa baru melalui Jalur Jarvis ini, dimaksudkan untuk membuka kesempatan pendidikan bagi seluruh lulusan SMA/SMK/MAN sederajat pada Politeknik dan Akademi Komunitas binaan BPSDMI Kemenperin RI.


Proses penerimaan dan penyelengaraan seleksi untuk jalur Jarvis prestasi secara online ini. "Alhamdulilah telah selesai dilaksanakan dan berjalan lancar, yakni dari 3 Januari hingga 25 Februari 2022, sedangkan pendaftaran ulang bagi calon mahasiswa yang lulus, dilaksanakan, dari 29 Maret hingga 18 April  2022," tuturnya.


Pendaftaran dan pengisian data bagi calon mahasiswa jalur Jarvis bersama, sebut Ester dilakukan secara online, melalui laman https://jarvis.kemenperin.ho.id, mulai 11 April hingga 20 Mei 2022, ujian akan dilaksanakan tetap secara online pada 28 Mei 2022. Kemudian pengumuman seleksi ujian, 4 Juni 2022 (tentative). Seleksi wawancara dari 8 sampai 14 Juni 2022, sedangkan pengumuman kelulusan, 17 Juni 2022 dan pendaftaran ulang, mulai 17 hingga 27 Juni 2022.


Melalui Jalur Jarvis Mandiri pendaftaran dan pengisian data peserta, juga secara online, melalui laman https://jarvis.poltekatipdg.ac.id, dari 1 Juni hingga 6 Agustus 2022, pelaksanaan ujian secara online, 8 Agustus 2022 dan pengumuman kekulusan 10 Agustus 2022, sedangkan pendaftaran ulang mulai 10 sampai 14 Agudtus 2022.


Menurut Ester, Poiteknik ATI Padang, juga menerima jalur program kerjasama, yakni Program Satu Keluarga Satu Sarjana, bagi calon mahasiswa baru asal Kota Pariaman untuk menjalani kuliah di Politeknik ATI Padang dengan beasiswa dari Pemeritah Kota setempat.


Tak hanya itu saja, ungkap Ester tapi juga ada program beasiswa kerjasama antara Politeknik ATI Padang dengan PT Toba Pulp Lestari, yakni seleksi penerimaan calon mahasiswa baru itu, langsung dlakukan oleh perusahaan yang bersangkutan.


Bagi peserta  yang lulus seleksi akan mengikuti kuliah di Politeknik ATI Padang pada Program Diploma III atau D IV. Selesai kuliah nanti, maka mahasiswa tersebut langsung bekerja di PT Toba Pulp Lestari yang berlokasi di Propinsi Sumatera Utara.


Menyinggung kuota penerimaan mahasiswa baru Politeknik ATI Padang Tahun Akademik 2022/2023, lebih kurang 500 orang, dengan memilih 5  Program Studi (Prodi) Diploma Tiga (D III), yakni Prodi Teknik Kimia Bahan Nabati, Teknik Industri Agro, Analisis Kimia, Manajemen Logistik Industri Agro dan Diploma IV Prodi Teknologi Rekayasa Bioproses Energi Terbarukan.(RDz)