KAN Talu Serahkan Penghargaan pada 9 Partisipasi Aktif Tanggap Darurat Gempa Pasbar -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

KAN Talu Serahkan Penghargaan pada 9 Partisipasi Aktif Tanggap Darurat Gempa Pasbar

Rabu, 25 Mei 2022

 



Pasbar, Diskominfo -- Kerapatan Adat Nagari (KAN) Talu melalui Tuanku Bosa XV Ir. H. Jhonny, Z.A.MM.SI sebagai Ketua KAN Talu dan Pucuak Adat Kabuntaran Talu, menyerahkan penghargaan kepada sembilan instansi dan lembaga masyarakat yang telah berpartisipasi aktif selama tanggap darurat bencana alam gempa bumi Pasaman Barat pada (25/2) lalu. Kegiatan digelar di Istana Tuanku Bosa Rumah Gadang Koto Dalam, Nagari Talu, Kecamatan Talamau, Kamis (26/5).


Penghargaan itu diberikan kepada PMI Pasaman Barat yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Risnawanto selaku Ketua PMI Pasbar, Dandim 0305 Pasaman Letkol Kav. Hery Bakty diwakili oleh Danramil Talamau, Kapolres Pasbar AKBP M. Aries Purwanto diwakili Kasat Binmas Jasmardi, Lazis Darul Hikmah Pasbar oleh KH. Abdul Hadi, Lc, Kapolsek Talamau Junaidi, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pasbar, Pengurus Bundo Kanduang Provinsi Sumbar, Al-Aqsha Laz Delatinos BSD Tangsel, dan Asar Hummanity Jakarta Selatan.


Ketua KAN Talu Tuanku Bosa XV Ir. H. Jhonny, Z.A.MM.SI mengatakan, apa yang telah menimpa Pasbar khususnya Kecamatan Talamau 25 Februari lalu telah meluluhlantakkan dan menghancurkan sebagian besar bangunan rumah masyarakat, masjid, musholla, rumah sakit dan fasilitas umum lainnya.


"Kita dikagetkan dengan sesuatu yang tidak kita bayangkan sebelumnya. Musibah gempa bumi yang dahsyat menimpa kita yang meluluhlantakkan 90 persen bangunan rumah, masjid dan mushola, serta fasilitas lainnya. Namun itu semua adalah ketetapan Allah,"ucap.


Musibah dan ketetapan Allah itu lanjutnya, sebagai pengingat kepada masyarakat untuk memelihara lingkungan dan menjaga alam. Ia juga meminta kerjasama dijalin oleh semua pihak termasuk ninik mamak, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, unsur forkopimda dan pemerintah daerah.


Sebagai ucapan terimakasihnya, KAN Talu mengundang dan memberikan penghargaan kepada beberapa pahlawan kemanusiaan yang berjasa dalam menangani musibah gempa yang terjadi.


Sementara itu, Wabup Risnawanto yang juga merupakan Ketua PMI Pasbar menjelaskan sebagai pemimpin daerah yang dilanda musibah, semua pihak terpanggil jiwanya untuk membantu tanpa pamrih. Untuk itu ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat.


"Pada saat gempa bumi melanda, kita dengan ridho Allah tanpa pamrih membantu dalam rangka penanggulangan bencana yang terjadi. Saya selaku wakil bupati mempunyai tanggungjawab yang besar bersama dengan semua Forkopimda, NGO, relawan, beraktifitas tidak mengenal waktu. Terimakasih saya ucapkan selaku kepala daerah, tanpa bantuan kita semua yang hadir kita tidak akan bisa melalui semua ini," ungkap Risnawanto.


PMI sebagai organisasi kemanusiaan lanjutnya, selalu didepan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat Pasbar. Mengatasi berbagai bencana seperti tanah longsor, banjir, gempa bumi, dan kebakaran. PMI juga telah membangun 300 unit huntara bagi masyarakat korban gempa. 10 unit Tangki air dan hingga saat ini masih mendistribusikan air bersih untuk masyakarat, dan memberikan pelayanan kesehatan terutama donor danah.


Selain itu, perwakilan Dandim 0305 Pasaman dan perwakilan Kapolres Pasbar mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada komandannya. 


Hal serupa juga disampaikan Camat Talamau Andre Afandi, S. STP yang mengucapkan terimakasih kepada seluruh aktivis, lembaga, instansi dan relawan yang membantu korban bencana alam gempa bumi terutama di Kecamatan Talamau. Ia juga mengapresiasi kerjakeras semua pihak yang terlibat.