Permainan Tempo Dulu, Siswa SMPN 1 Payakumbuh Tangkal Dampak Negatif Gadget -->

Adsense Atas-STIE AKBP

Permainan Tempo Dulu, Siswa SMPN 1 Payakumbuh Tangkal Dampak Negatif Gadget

Kamis, 12 Mei 2022
SMPN 1 Payakumbuh Barayo Gadang 


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Meriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022, keluarga besar SMPN 1 Payakumbuh melalui OSIS, laksanakan sejumlah kegiatan dan lomba antar kelas. Tradisi dan Permainan tempo dulu. Itulah 2 kegiatan yang dilaksanakan.


Menurut Kepala SMPN 1 Payakumbuh, Defi Marlitra menjelaskan bahwa pandemi covid-19 telah membawa perubahan signifikan di setiap lini kehidupan. Termasuk dunia pendidikan, terjadi peralihan pola pembelajaran manual tatap muka ke pola digitalisasi. 2 tahun peserta didik dan tenaga pengajar bergelut digital berupa android dan aplikasinya yang mendukung. Kebijakan ini pun tentunya membawa dampak positif dan negatif.


"Sekarang kita sudah boleh pembelajaran tatap muka, namun kebiasaan mempergunakan android pun kini menjadi sebuah kebutuhan dan hobi. Negatifnya ada, yakni sekarang ada sebagian oknum yang hobi bermain judi online. Bahkan, ada yang lalai akan kewajiban. Tak tertutup bagi peserta didik kita. Dan kita berharap dengan kita angkatkannya kegiatan ini, sedikit banyaknya semoga membawa dampak positif. Bagaimana anak kita kembali sibuk dengan permainan tradisional semasanya. Kita hanya mencoba menangkal, karena semakin hari dunia pendidikan pun mengalami metamorfosis. Contoh sekarang, kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka. Kita memberi kemerdekaan kepada peserta didik untuk menggali sisi positif bakat dan minat. Semua kegiatan tersebut akan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan PPKM level 3,"terang Defi Marlitra, Kamis (12/05/2022),usai membuka kegiatan permainan masa lalu di halaman kampus SMPN 1 Payakumbuh.


"Dan insya Allah besok, beberapa utusan kita akan tampil memeriahkan peringatan Hardiknas tahun 2022 di Halaman Balai Kota Payakumbuh. Barisan pawai pakaian adat dari SMPN 1 Payakumbuh nantinya akan dilepas inspektur upacara Hardiknas,"terangnya. 


Secara teknis terkait kegiatan selama 2 hari tersebut, kepada media Waka kurikulum Eva Yeni memaparkan bahwa untuk hari Kamis dilangsungkan lomba antar kelas yakni, lomba main tali,lomba bakiak (tempurung), main gala, memindahkan tepung dengan wadah piring plastik. Setiap kelas menyiapkan satu jenis lomba untuk memperlihatkan sejauhmana kekompakan dan kebersamaan lokal tersebut.


"Untuk hari Jumat, kita ikut meriahkan peringatan Hardiknas dengan barisan pawai pakaian adat Kota Payakumbuh, kaum pria memakai baju guntiang cino sedang yang wanita pakai baju kuruang basiba. Ini spesifik di Payakumbuh. Pawai dari Balai Kota menuju simpang Kasda dan kembali ke SMPN 1 Payakumbuh,"terang Eva.


Sementara, dihari yang sama. Dikampus SMPN 1 Payakumbuh, memeriahkan Hardiknas, juga dilangsungkan lomba makan bajamba antar kelas.


"Usai upacara peringatan Hardiknas kita lanjutkan lomba makan bajamba, antar kelas. Disini kita bisa menilai sejauh mana pengamalan pendidikan karakter oleh peserta didik. Kita juga lakukan penilaian. Baik kekompakkan, keindahan dan kebersihan serta ketertibannya. Trus, di aula kita juga adakan makan bajamba. Yang insya allah pihak sekolah sudah mengundang Kepala Dinas Pendidikan, Kabid, Kasi dan pengawas. Disamping itu akan dihadiri juga pengurus komite dan jajaran SMPN 1 Payakumbuh. Sekaligus kita halal bi halal pasca Idul Fitri,"pungkas Eva Yeni yang akrab disapa Miss.(Ul)