Tim PKM Politeknik ATI Padang, Lakukan PKM di Nagari Matur Mudik Agam Sumbar -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Tim PKM Politeknik ATI Padang, Lakukan PKM di Nagari Matur Mudik Agam Sumbar

Jumat, 27 Mei 2022


.

Agam, fajarsumbar com - Nagari Matur Mudik Kecamatan Matur Kabupaten Agam Sumatera Barat, memiliki potensi sumber daya yang  unggul, seperti Pariwisata, Pertanian, Kerajinan dan Makanan.


0Potensi sumber daya yang unggul tersebut, perlu dikelola secara profesinal, sehingga bisa meningkatkan taraf ekomomi masyarakat.


Terkait dengan hal itu, maka Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Politeknik ATI Padang terpanggil dan memberikan Sosialisasi, kepada Anggota PKK dan Masyarakat, tentang"Pemanfaatan Sumber Daya Hasil Pertanian Dalam Rangka Meningkatkan Ekonomi Masyarakat di Kantor Walinagari Matur Mudik", Jumat, 26/05/2022).


Tim PKM yang berjumlah 9 orang itu, terdiri dari Ketua Dr. Sri Elfina, Ir. Armen, M.M, Ir. Rita Youfa, M.T, Hajah Radna Ningsih, S.E.,M.M, kemudian Dr. Desniorita, MP, dengan anggota Ir. Fatmir Edwar, M.P. Drs. Raimon, Dipl.Sc.,M.T, Jerry, S.T.,M.T, jugdan Adlina Safitri Helmi, M.T.


Tahun 2021, Tim PKM Polteknik ATI Padang, di tempat yang sama, juga memberikan pelatihan kepada anggota PKK dan masyarakat memanfaatkan, hasil budidaya tanaman labu menjadi bahan Mie tanpa bahan pengawet kimia.


"Alhamdulilah, Tim PKM yang sama, sukses bersama mahasiswa, anggota PKK dan masyarakat membuat sajian Mie goreng dari bahan buah labu yang siap disantap secara bersama- sama.


Sementara, Ir. Armen. MM selaku Narasumber mengatakan, potensi unggulan yang dimiliki warga Matur Mudik, agar bisa di konversi menjadi produk yang benilai lebih, dibanding dipasarkan dalam bentuk bahan mentah.


"Kami juga akan mendampingi keberadaan dan keberlangsungan usaha pengolahan hasil pertanian masyarakat dari bahan Nabati di Matur Mudik ini", sebut Armen.


Pendampingan ini, mulai dari proses pengurusan izin  pengemasan prodak hingga pemasaran prodak, baik lokal maupun Nasional.


Untuk nememenuhi standar produk Nasional itu, Tim PKM Politeknik ATI Padang, akan menjadikan Nagari Matur Mudik sebagai Desa binaan Usaha Kecil Menengah (UKM) dari prodak buah labu, tomat, cabe kriting dan bawang sebagai bahan olahan makanan pangan Nabati.


Wali Nagari Matur Mudik Akmal Hamid. S.Sos menyampaikan apresiasi atas kedatangan Tim PKM Politeknik ATI Padang dalam pendampingan dan pegembangan UKM, baik bagi Tim Penggerak PKK, Anggota PKK dan masysrakat Matur Madik.


Kegiatan sosialisasi PKM Politeknik ATI Padang Tahun 2022 itu, disambut antusias oleh anggota PKK yang berjumlah 20 orang.(RDz).