111 Jemaah Calon Haji Luwu Gagal Naik Haji gegara Tak Penuhi Syarat Usia -->

Iklan Atas

111 Jemaah Calon Haji Luwu Gagal Naik Haji gegara Tak Penuhi Syarat Usia

Selasa, 07 Juni 2022

 

Ilustrasi jemaah calon haji

MAKASSAR  - Sebanyak 111 jemaah calon haji (JCH) di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel) tidak bisa diberangkatkan. Usia ratusan jemaah itu tidak memenuhi syarat yang ditetapkan pemerintah Kerajaan Arab Saudi.


"S​​​​​​ebanyak 111 orang JCH itu yang harusnya berangkat pada musim haji 2022 itu batal berangkat karena usianya telah melampaui 65 tahun sesuai yang dipersyaratkan oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Luwu, Muhammad Jufri, Selasa (7/6/2022), sebagaimana dikutip iNews.id.


Dia menjelaskan setelah pandemi Covid-19 ini jemaah haji Indonesia sudah bisa berangkat ke Tanah Suci. Namun, setelah adanya penyesuaian kuota haji maka hal itu berimbas pada pengurangan jemaah haji Tanah Air.


Beberapa ketentuan-ketentuan yang menjadi persyaratan haji, salah satunya adalah pengetatan di usia JCH. Kuota JCH Kabupaten Luwu sebelum pandemi Covid-19 sebanyak 270 orang dan setelah adanya pembatasan itu berkurang menjadi 124.


Sementara sebanyak 111 orang JCH lainnya itu yang harusnya berangkat pada musim haji 2022 itu batal berangkat karena usianya telah melampaui 65 tahun.


"Tahun ini JCH Luwu berjumlah 124 jamaah, dan jumlah tersebut setelah adanya kebijakan pengurangan kuota haji oleh Arab Seudi bagi seluruh negara pengirim, termasuk Indonesia. disertai persyaratan, yang salah satunya pembatasan usia," katanya.


Meski demikian, Jufri berharap kuota jemaah haji di Indonesia bisa kembali normal di tahun mendatang sehingga JCH Luwu bisa kembali memberangkatkan jemaahnya sebanyak 270 orang.


"Tapi kita berharap semoga ini hanya diberlakukan tahun ini saja, tahun depan dan seterusnya sudah normal kembali," katanya.


Dia juga menyampaikan daftar tunggu JCH Kabupaten Luwu sampai saat ini sebanyak 5.617 orang sehingga estimasi daftar tunggu selama 22 tahun. Adapun JCH Luwu nantinya dijadwalkan berangkat pada 20 Juni 2022 dan akan bergabung dengan JCH Kabupaten Pinrang dan Barru di kelompok terbang (kloter) 4. (*)