Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan Idul Adha pada 29 Juni -->

Iklan Atas

Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan Idul Adha pada 29 Juni

Selasa, 14 Juni 2022

Ilustrasi salat Idul Adha


JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) bakal menggelar sidang isbat penentuan awal Zulhijah sekaligus penetapan Hari Raya Idul Adha 1443 H pada Rabu, 22 Juni 2022. Sidang isbat tersebut akan digelar di Kantor Kemenag. 


"Kami akan menggelar sidang isbat awal Zulhijah pada 29 Juni 2022," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag, Adib, Selasa (14/6/2022). 


Adib memaparkan, sidang isbat ini merupakan layanan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pelaksanaan terkait ibadah di bulan Zulhijah.  Dia pun meminta seluruh pihak yang terlibat untuk mempersiapkan diri secara maksimal,sebagaimana dikutip iNews.id. 


Sebab, pelaksanaan sidang isbat merupakan bagian penting dari tugas Kemenag, khususnya Ditjen Bimas Islam.  


"Meski resonansi sidang isbat awal Zulhijah tidak sekuat sidang-sidang tersebut, tapi tetap perlu persiapan yang maksimal,” tuturnya.  Sementara itu, Kepala Subdirektorat Hisab Rukyat dan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag, Ismail Fahmi menjelaskan, Sidang Isbat Awal Zulhijah akan terbagi dalam tiga tahap. 


“Sesi pertama akan dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Zulhijah 1443 Hijriah oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag,” kata Ismail. (*)