Wabup Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Wabup Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Rabu, 01 Juni 2022

Wabup Richi Aprian bersama Forkopimda setelah peringatan Upacara Hari Lahir Pancasila, di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Rabu (1/6) 


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian SH. MH mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila 2022, secara virtual dari Gedung Indo Jolito Batusangkar, Rabu (1/6/2022).


Turut hadir pada acara tersebut Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani, Kajari Tanah Datar, Dandim 0307/TD Letkol Inf Wisyudha Utama, Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra Wijayanto S.I.K., M.Si, Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Agus Windana, S.H, Kepala Pengadilan Agama, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD dan tamu undangan lainnya.


Diketahui, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022, digelar di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo, Rabu (1/6/2022). 


Mengutip Setkab.go.id, pada upacara tersebut Presiden Jokowi terlihat mengenakan baju adat Ende, yakni Ragi Lambu-Luka Lesu lengkap dengan penutup kepala dan Ibu Iriana Jokowi juga tampak mengenakan kain motif tradisional Ende berwarna ungu tua.


Bertindak selaku perwira upacara Brigadir Jenderal TNI Harfendi, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer IX/Udayana dan Komandan Upacara adalah Kolonel Inf Tunjung Setyabudi, yang saat ini menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri/21 Komodo, Kodam Udayana.


Sementara Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan naskah Pancasila dan Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus membacakan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945.


Wabup usai upacara mengatakan nilai-nilai Pancasila harus tercermin baik di dalam pemerintahan maupun di tengah-tengah masyarakat di Kabupaten Tanah Datar. 


"Pada Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 ini kembali kita mengingatkan khususnya nilai-nilai Pancasila, sebagaimana yang telah disampaikan Presiden tadi, Nilai-nilai Pancasila harus tercermin dalam berinteraksi di pemerintahan dan juga di masyarakat," kata Richi Aprian. 


Richi katakan lagi, tentu sebagai Ideologi Pancasila harus tercermin dalam jiwa masyarakat Indonesia dan anak bangsa, dalam membangun Indonesia kedepan pasca pandemi Covid-19.


Wabup mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila, dalam mewujudkan Indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan.


"Kami mengimbau khususnya kepada masyarakat Tanah Datar, terus kita tingkatkan usaha kita dalam membangun bangsa ini menjadi jauh lebih baik kedepannya," ajak Wabup. (F12)