Open Cerimony MTQ Nasional ke-40 Tingkat Kab. Pesisir Selatan Meriah -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Open Cerimony MTQ Nasional ke-40 Tingkat Kab. Pesisir Selatan Meriah

Rabu, 20 Juli 2022
.


Painan, fajasumbar.com - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-40 tingkat Kabupaten Pesisir Selatan  berlangsung di Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan, Senin (18/7)


Acara tersebut dibuka Gubernur Sumatera Barat H Mahyeldi Ansyarullah  yang ditandai dengan pemukulan gong yang didampingi oleh Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Drs. Rusma Yulanwar, M.Pd, Wakil Bupati Rudi Hariansyah S.SI, ketua DPRD Pessel Ermizen, pimpinan/mewakili Porkopinda serta tokoh masyarakat Tapan Lunang dan Silaut Samsul Rakan Chaniago serta lainnya.


Seremonial pembukaan MTQ Nasional ke 40 tingkat Kabupaten Pesisir Selatan terasa lebih meriah ketika ditampilkan tari "Sarumpun Anak Nagari" yang dibawakan secara kolosal dengan menggabungkan 7 tarian dalam satu suguhan karya anak Nagari Basa Ampek Balai Tapan.


Gubernur Sumatera Barat H Mahyeldi Ansyarullah dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ diyakini mampu melahirkan generasi muda yang unggul, berprestasi dan bertanggung jawab yakni generasi Minangkabau yang berakhlak mulia dan dengan memahami isi Al-Qur'an maka  bisa membedakan mana yang haq dan mana yang bathil


Mahyeldi berharap agar berkah MTQ meliputi semua kalangan. "Bismillahhirahmanirahim MTQ nasional tingkat Pesisir Selatan ke-40 resmi saya buka," ucap Mahyeldi.


Sementara itu Bupati Kabupaten Pesisir Selatan mengatakan, MTQ ini jangan hanya sebagai seremonial belaka tetapi lebih kepada  menumbuhkan semangat dan generasi yang cinta Alquran. "Bukan sekedar lantunan irama ayat-ayat Al-Qur'an selama MTQ tetapi pada akhirnya mampu menciptakan suasana kehidupan yang religius ditengah kehidupan dan Alquran adalah sumber ilmu pengetahuan yang tidak akan pernah habis untuk di gali dan dikembangkan," ulasnya.


Selanjutnya Camat Rahul Tapan Mar Alamsyah menyampaikan bahwa agenda MTQ Nasional Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan ke-40 tahun 2022 akan berlangsung dari tanggal 18-22 Juli diikuti lebih dari 600 orang qori dan qoriah se-Kabupaten Pesisir Selatan dengan tema "Melalui MTQ ke 40 mari kita wujudkan SDM Unggul yang Qur'ani menuju masyarakat sejahtera, maju dan bermartabat".


Untuk kontingen yang terbaik yang berhasil memuncaki ajang MTQ ke-40 ini diberikan reward oleh Gubernur Sumatera Barat H Mahyeldi Ansyarullah senilai Rp25 juta. (Wandi)