Samsat Hadir di Nagari Sialang Gaung -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Samsat Hadir di Nagari Sialang Gaung

Kamis, 21 Juli 2022
.


Dharmasraya - Dalam upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Nagari/Desa hadir di Nagari Sialang Gaung Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. 


Pelayanan Samsat Nagari Sialang Gaung sudah berdiri sejak tahun 2018. Beroperasi setiap hari Senin – Jumat pukul 09.00 – 13.00 WIB. 


Samsat yang bertempat di kantor Wali Nagari ini melayani daftar ulang, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) tahunan. 


“Sementara untuk pelayanan Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan ganti STNK tetap harus di Samsat Induk UPTD Samsat Dharmasraya,” ujar Raihan Farani Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat. 


Sebagaimana diketahui, bahwa hingga Desember 2021, berdasarkan data Korlantas  Polri, di Indonesia ada sekitar 148 juta kendaran yang telah teregistrasi. Namun, masih ada sedikitnya 40% masyarakat/ pemilik kendaraan bermotor yang tidak melakukan daftar ulang (TDU).

 

“Kami ingin mempermudah masyarakat untuk dapat melakukan daftar ulang kendaraannya sekaligus membayar PKB & SWDKLLJ. Apabila masyarakat melakukan daftar ulang maka dapat meningkatkan pendapatan daerah yang nantinya akan kembali lagi kemasyarakat untuk pembangunan daerah. Serta penerimaan SWDKLLJ yang selanjutnya akan di kelola Jasa Raharja dan nantinya akan dipergunakan untuk kepentingan santunan sebagai hak korban laka lantas serta berbagai program pencegahan kecelakaan lainnya,” jelas Raihan. 


Jangan takut untuk datang ke Samsat Nagari Sialang Gaung. Proses daftar ulang sangatlah mudah dan cepat. Masyarakat tidak perlu antri terlalu lama. (jr)