Bupati : Tahun 2023 Embung di Jorong Tabu Baraie Akan Segera Dibangun -->

Iklan Atas

Bupati : Tahun 2023 Embung di Jorong Tabu Baraie Akan Segera Dibangun

Selasa, 30 Agustus 2022

Bupati Eka Putra beserta rombongan menelusuri jalan setapak menuju lokasi Embung di Jorong Tabu Baraie, Paninjauan, X Koto, Selasa (30/8) 



Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM meninjau lokasi rencana pembangunan Embung yang terletak di Jorong Tabu Baraie, Nagari Paninjauan, Kecamatan X Koto, Selasa (30/8/22). 


Bupati didampingi Kadis Kominfo Yusrizal, Kabag AP Ten Feri, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Refdizalis, Kabid PSDA Al Hadi, Camat X Koto Adiawarman, dan juga Wali Nagari Paninjauan IC Dt. Batuah nan Kuniang beserta perangkat dan rombongan lainnya. 


Dengan menyusuri jalan setapak karena lokasinya belum bisa dilalui kendaraan, akhirnya Bupati dan rombongan sampai di lokasi yang dituju. Setelah tiba di lokasi, Bupati Eka Putra langsung melakukan diskusi dengan pihak Nagari dan juga Dinas PUPR, terkait rencana pembangunan Embung tersebut. 


"Kita langsung datang ke lokasi, agar tahu apa yang akan kita kerjakan nanti. Pembangunan Embung ini memang sudah lama direncanakan, namun karena pandemi Covid-19 dan refokusing anggaran, akhirnya sampai hari ini belum bisa terlaksana," terang Eka Putra. 


Namun menurut Bupati, Embung yang memang sudah lama diimpikan oleh masyarakat ini, tahun depan Insya Allah akan segera dibangun, dengan menggunakan anggaran dari APBD Kabupaten Tanah Datar. 


"Kita akan mulai pembangunannya, dengan menggunakan anggaran dari APBD Kabupaten Tanah Datar tahun 2023 nanti. Kita mulai dulu, setelah itu kita juga akan coba dengan mencari anggaran dari pusat, agar pembangunannya cepat selesai," tambah Bupati. 


Lebih lanjut dikatakan Eka Putra, kalau pembangunannya rampung nanti, Embung ini selain dimanfaatkan untuk irigasi, juga berpotensi sebagai objek wisata baru di Nagari Paninjauan. 


"Fungsi Embung memang yang utama untuk irigasi, namun juga sangat berpotensi sebagai objek wisata, sehingga ekonomi masyarakat dan UMKM juga akan ikut terbantu," pungkas Bupati. (*/F12)