Pramuka Mendidik Generasi Muda Bermental Baja -->

Iklan Atas

Pramuka Mendidik Generasi Muda Bermental Baja

Senin, 15 Agustus 2022

Staf Ahli Bupati Solok Selatan Novirman, saat menjadi pembina upacara pada penutupan kema bakti menyambut hari Pramuka.


Solsel, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menyebutkan Pramuka dapat mendidik kepada generasi muda agar bermental kuat dan kokoh guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Staf Ahli Bupati, Dr. Novirman, S.KM, MM, mengatakan pramuka merupakan kegiatan positif yang bisa memberikan pendidikan kepada anggotanya mengenai norma-norma masyarakat yang berlaku.


“Kita berharap kegiatan ini dapat mendidik generasi muda untuk melakukan hal-hal positif sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku serta dapat untuk mempersiapkan mental yang kuat dan kokoh untuk menjaga keutuhan NKRI,” kata Novirman, saat mewakili kehadiran Bupati di Bumi Perkemahan Batu Bagendiang, Ulu Suliti, KPGD, Minggu (14/08/2022). 


Untuk itu, perlu terus dilakukan evaluasi kegiatan ini untuk melihat hasil yang didapat, mulai dari pembentukan karakter dan perubahan mental anggota Pramuka ini. Terlebih, kegiatan ini memiliki sinergisitas dengan visi dan misi pemerintah Solok Selatan di bawah kepemimpinan Bupati H. Khairunas dan Wakil Bupati H. Yulian Efi.


Di kesempatan yang sama, Kwartir Ranting KPGD Bustami berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin dan sekolah-sekolah terkait dapat meningkatkan partisipasinya untuk Pramuka.


“Saya berharap kegiatan Perkemahan ini tetap berlanjut secara berkesinambungan. kemudian tingkat satuan pendidikan untuk lebih meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di sekolah-sekolah,” kata dia.


Dia juga berharap agar Kwartir Cabang (Kwarcab) segera dibentuk kepengurusannya, sebab Kwarcab ini yang nantinya akan membina Kwaran, Gugus Depan, dan organisasi pendukung Gerakan Pramuka yang ada di Solok Selatan.


Adapun kegiatan Perkemahan Jumat, Sabtu, Minggu (Perjusami) dilaksanakan oleh Kwartir Ranting KPGD pada 12-14 Agustus 2022 dalam rangka memeriahkan Hari Pramuka ke-61 yang jatuh pada 14 Agustus 2022 lalu. Acara ini mengusung tema Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa.


Peserta kegiatan ini adalah Gugus Depan SD dan SMP se-kecamatan KPGD. Terdapat sebanyak 21 SD, 3 SMP, dan 1 lembaga pendidikan swasta yang ikut dalam Perjusami ini.


Hadir dalam peringatan HUT pramuka kali ini, Sekretaris Disdikpora Solok Selatan Asniati Darfis, Camat KPGD, dan pengurus Pramuka Wilayah Kecamatan KPGD. (Abg)