Simpang PDAM Jadi Saksi, Pengguna Jalan Berhenti dan Mengumandangkan Lagu Indonesia Raya -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Simpang PDAM Jadi Saksi, Pengguna Jalan Berhenti dan Mengumandangkan Lagu Indonesia Raya

Rabu, 17 Agustus 2022
Hormat bendera ke layar videotron di Simpang PDAM Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Pertigaan lampu merah PDAM Kota Padang Panjang, pukul 10:10 WIB hingga 10:15 WIB, seketika hening. Lalu lintas kendaraan berhenti. Begitu juga para pejalan kaki. Sirene berbunyi menandai detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dibunyikan, Rabu (17/8).


Pengendara dan pejalan kaki berdiri tegap, khusyuk, memanjatkan doa dengan sikap hormat, sembari turut menyanyikan lagu Indonesia Raya.


 Begitulah gambaran peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di jalan utama kota perlintasan berjuluk Serambi Mekkah ini. 


Para pengendara yang berhenti di masing-masing lampu merah di tiga ruas jalan yang berbeda, bersama petugas kepolisian, BPBD Kesbangpol, Dinas Perhubungan, Satpol PP Damkar, Kominfo dan lainnya, mengarahkan pandangan menghadap kibaran bendera virtual pada layar videotron saat lagu kebangsaan dikumandangkan melalui pengeras suara.


Suasana peringatan Hari Kemerdekaan di Kota Padang Panjang berlangsung khidmat. Semua warga turut serta berpartisipasi mengekspresikan rasa hormat menyambut perayaan kemerdekaan RI.


Mereka tampak larut, mengekspresikan jiwa raga yang cinta Indonesia. Seperti halnya Ilham (28), salah seorang pengendara yang hendak menuju Pasar Pusat Padang Panjang.


"Ini salah satu momen menarik yang sangat saya tunggu saat perayaan 17 Agustus di Padang Panjang. Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-77," katanya.


Sementara  Kasat Lantas Polres Padang Panjang, Iptu Aldy Lazzuardy mengatakan, kegiatan di pertigaan PDAM itu dilaksanakan guna melibatkan seluruh lapisan masyarakat memperingati Hari Kemerdekaan RI. 


"Kita berharap dengan kegiatan ini, akan selalu membuat kita teringat akan jasa-jasa pahlawan, memupuk rasa persatuan dan kecintaan untuk Indonesia," katanya. 


Selain Iptu Aldy, turut bergabung dengan warga di lokasi ini, Kepala BPBD Kesbangpol, I Putu Venda, S.STP, M.Si, Kepala Dinas Kominfo, Drs. Ampera Salim, S.H, M.Si, Kadishub, Arkes Refagus, S.Sos, Kabid Damkar, Jhon Eriko, S.Sos dan sejumlah aparatur lainnya. 


Dan perlu dicatat, tradisi hormat bendera Merah Putih pada seriap detik-detik peringat HUT Kemederkaan RI sudah berlang dalam beberapa tahun terakhir. Inilah akan menjadi tradisi di masa mndatang. (*/syam)