Sirkuit Mandalika Akan Ditutup Sebulan Selama Dilakukan Pengaspalan Ulang -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Sirkuit Mandalika Akan Ditutup Sebulan Selama Dilakukan Pengaspalan Ulang

Rabu, 03 Agustus 2022

Sirkuit Mandalika bisa digunakan untuk olahraga lain selain balap motor .


Bali - Akan diadakannya event World Superbike (WSBK) Indonesia 2022 yang akan digelar November ini, maka Sirkuit Mandalika di Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan diaspal ulang.


Namun kegiatan ini akan menyebabkan Sirkuit Mandalika akan ditutup selama sebulan.


Pengaspalan ulang akan dilakukan pada beberapa tempat atau titik lintasan selama pengaspalan ulang yang diperkirakan bulan September tersebut,sebagaimana dikutip Suara.com.


Direktur Teknik dan Operasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Samsul Purba di Mandalika, Kuta Lombok Tengah menjelaskan, tidak ada perbaikan yang berat dilakukan di Sirkuit Mandalika jelang WSBK.


Purba mengatakan pada bulan September mendatang, Sirkuit Mandalika akan ditutup selama sebulan. Penutupan Sirkuit Maandalika untuk perbaikan lintasan di beberapa tempat yang akan diaspal ulang.


"Perbaikan beberapa titik lintasan Sirkuit Mandalika ditargetkan selesai pada akhir Seotember. Sehingga pada bulan Oktober, Sirkuit Mandalika sudah ready atau siap digunakan perhelatan WSBK pada 11 - 13 November 2022," jelas Purba, Senin (1/8/2022) seperti diwartakan beritabali.com – jaringan suara.com.


Pengaspalan ulang lintasan Sirkuit Mandalika hanya dilakukan di beberapa tempat. Pengaspalan ulang tidak dilakukan secara keseluruhan.


Namun Purba tak menyebutkan panjang lintasan Sirkuit Mandalika yang akan diaspal ulang tersebut.


"Ada pengaspalan ulang di beberapa tempat tapi tidak seluruhnya. Nanti ditunggu saja (berapa meter yang diaspal). Karena saya masih kirim semua datanya ke FIM (Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional)," terangnya.


Penyempurnaan dilakukan dengan mengaspal ulang lintasan sama seperti saat sebelum perhelatan MotoGP Mandalika pada Maret lalu.


"Tekniknya seperti dulu kita aspal ulang. Kita kupas lalu aspal ulang," terangnya.


Purba menambahkan MGPA dan Dorna Sports selaku promotor WSBK secara rutin berkomunikasi untuk persiapan WSBK Mandalika 2022.


"Kita ada weekly meeting dengan Dorna untuk persiapan WSBK. Jadi tiap minggu kita update bareng," ungkapnya.


Sirkuit Mandalika sendiri memiliki panjang lintasan 4,3 kilometer dengan lebar 15 meter. Sirkuit Mandalika dilengkapi dengan 17 tikungan serta memiliki speed trap atau gaya dorong pemicu pembalap untuk memaksimalkan kecepatan saat berlaga yang cukup lebar dan tinggi.


Trek ini dilengkapi dengan dua service road, yaitu service road inner dengan panjang 3,8 kilometer dan lebar 14 meter. Kemudian service road outer dengan panjang 4,32 kilometer dan lebar 14 meter, serta pit lane dengan panjang 835 meter dan lebar 14 meter.


Musim ini, balapan WSBK Mandalika akan digelar pada 11-13 November 2022. Balapan ini dgelar satu seri sebelum race pamungkas.


Untuk kali ini, balapan terakhir WSBK musim ini menyajikan adu cepat WSBK Australia. Balapan di Phillip Island akan dilangsungkan sepakan setelah race di Mandalika.(*)