13 Sekolah Ikut Pementasan Gerakan Seniman Masuk Sekolah -->

Iklan Atas

13 Sekolah Ikut Pementasan Gerakan Seniman Masuk Sekolah

Jumat, 16 September 2022


Salah satu seni yang ditampilkan pada pementasan gerakan seniman masuk sekolah di Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Suasana Gedung Pertunjukan Hoerijah Adam ISI Padang Panjang semarak. Pasalnya, pementasan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) yang menampilkan berbagai pertunjukan seni dari 5 SD dan 8 SLTP di  Padang Panjang memukau para penonton, Jumat (16/9).


Pertunjukan seni tersebut meliputi karya seni, musik, teater dan tari. 


Kegiatan dibuka  Walikota Padang Panjang  diwakili Staf Ahli Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Zulkifli, S.H, turut dihadiri Kepala UPTD Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumbar diwakili Pamong Budaya Muda, Hariadi, S.S, M. A


Zulkifli  menyambut baik  GSMS yang bertujuan untuk mengimplementasikan hasil berkesenian dari para seniman yang bersifat edukatif melalui peserta didik pada jenjang SD dan SMP di Padang Panjang dan melestarikan kesenian melalui seni.


Melalui kegiatan pementasan dan pameran karya siswa GSMS ini Zulkifli berharap kedepannya akan lebih dapat mengembangkan, melestarikan dan menumbuhkan kecintaan para siswa pada kesenian sebagai bagian budaya yang mendukung penyelenggara pendidikan karakter.


"Gerakan ini diharapkan dapat menanamkan nilai pendidikan, karakter. Sebab di sini tak hanya mempelajari materi seni, tetapi juga manajemen, tim work, menghargai orang lain, dan berkolaborasi. Karena seni itu tidak berdiri sendiri. Seni itu sangat penting dalam kehidupan kita, karena melalui seni, otak kiri dan otak kanan bisa seimbang," harapnya.


Zulkifli juga berharap, 13 seniman yang terlibat GSMS untuk tidak hanya berhenti sampai di sini saja, tetapi juga bisa memberikan pengabdian dan kontribusi pada pengembangan pendidikan di Padang Panjang. Sehingga kedepan, kegiatan ini dapat dikembangkan lagi, baik secara kualitas maupun kuantitas. 


Sementara itu Kepala UPTD Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumbar yang diwakili Pamong Budaya Muda, Hariadi juga turut menyambut baik kegiatan GSMS yang digelar oleh Pemerintah Kota Padang Panjang ini.


"Semoga dengan adanya kegiatan berkesenian macam ini akan mampu dijadikan ajang kreatifitas sekaligus silaturahmi antar seniman, guru dan para siswa, sehingga mampu terbangun budaya berkesenian kompetitif yang sehat, dan semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat ganda bagi pihak praktisi, akademisi maupun birokrasi, juga memberikan dampak positif terhadap upaya pelestarian seni budaya di Kota Padang Panjang," katanya. (syam)