50 Guru TPQ Payakumbuh Selatan Jalani Pembinaan -->

50 Guru TPQ Payakumbuh Selatan Jalani Pembinaan

Sabtu, 03 September 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Guna melahirkan guru Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) yang fasih membaca Alqur'an, Lembaga Didikan Subuh Kota Payakumbuh bekerjasama dengan Maktab Center Payakumbuh melakukan pelatihan bagi guru-guru TPQ yang ada di Kecamatan Payakumbuh Selatan. Pelatihan dilaksanakan pada Sabtu (03/09/2022) bertempat di Kantor Camat setempat. 


"Pelatihan ini sengaja diangkatkan guna menambah pengetahuan guru-guru TPQ kita terkait membaca Alqur'an secara baik dan benar," ujar Ketua LDS Kota Payakumbuh Hendrinaldi dalam laporannya. 


Dikatakan, dari hasil pengamatannya, masih banyak guru-guru TPQ yang pelafalan huruf hijayyahnya bermasalah. Hal ini akan mempengaruhi kualitas bacaan anak didik mereka. 


"Saya bahkan pernah menjadi makmum disebuah masjid raya didaerah sekitar kita juga, saya simak bacaan Alfatihahnya banyak yang keliru, padahal ini imam masjid besar bukan masjid kecil," ujar Hendrinaldi yang sehari-hari menjadi Imam di Masjid Baiturrahman Payobasung. 


Senada, Kabag Kesra Setdako Payakumbuh Irwan Suwandi dalam sambutannya menyatakan pihaknya sangat mendukung LDS dan Maktab Center mengadakan pelatihan tahsin bagi guru-guru TPQ tersebut. 


"Guru TPQ adalah orang yang dipercaya oleh masyarakat untuk mengajarkan Alqur'an kepada anak cucu mereka. Baik buruk bacaan mereka tergantung kualitas bacaan bapak/ibu guru TPQ. Oleh karena itu, sangat tepat diadakan pelatihan tahsin ini, agar kualitas bacaan anak-anak kita juga semakin bagus," ujar Kabag Kesra saat memberi sambutan.


Dikatakan, pihaknya sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan organisasi atau lembaga yang memiliki kepedulian dalam pembinaan dan pengajaran nilai-nilai agama di Kota Payakumbuh. 


"Pembinaan keagaman ini tak akan selesai oleh pemerintah saja, butuh partisipasi masyarakat baik dari lembaga atau ormas keislaman. Oleh karena itu, atas nama pemerintah kami sangat berterima kasih kepada LDS dan juga Maktab Center atas terlaksananya kegiatan ini," ungkap Mantan Camat Payakumbuh Timur ini. 


Disisi lain, Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh diwakili Kasi PDPP, Endra Rinaldi menyebut TPQ2 wajib teregistrasi dalam sistem aplikasi yang disediakan kementrian agama. 


"Dengan teregister, banyak kemudahan yang akan diperoleh termasuk peluang mendapatkan bantuan dari kementerian agama,"sebut Endra.


Sementara pimpinan Maktab Center Payakumbuh Ustadzah Pepi dalam sambutannya mengatakan kegiatan pembinaan dan pelatihan tersebut dalam rangka mengetahui kemampuan bacaan guru-guru TPQ. Dikatakan, pembinan lanjutan akan didasarkan kepada kualitas bacaan setiap guru. 


"Hari ini kita lebih kepada melihat kualitas bacaan guru TPQ kita, nanti setiap guru dikelompok kan berdasarkan kemampuan dan diberi pembinaan secara berjenjang. Bagi yang sudah baik akan ikut kelas Bimtek Alquran dan belajar dengan Guru yang sudah memiliki sanad," ujar Pepi. 


Ditambahkan, bagi guru yang kualitas bacaannya masih ada kekurangan, mereka tetap akan dilatih dan dibina dalam kelas TOT dan kelas Dauroh.


"Peserta akan dilatih secara berjenjang, dan bagi yang sudah menyelesaikan pelatihan dan belajar kepada guru yang bersanad akan diberi sertifikat dari Maktab," pungkas. pepi.  


Turut hadir dalam kegiatan pembinaan tersebut, Kadis Pendidikan Kota Payakumbuh diwakili Kabid PLS, Kakan Kemenag Kota Payakumbuh diwakili Kasi PQ-Pontren, Camat Payakumbuh Selatan, Ketua LDS Kota Payakumbuh, Ketua LDS Kecamatan Payakumbuh Selatan dan Guru TPQ sebagai peserta sebanyak 50 orang. (ul)