Anak Nagari Koto Baru Baralek Gadang, 136 Niniak Mamak Dilibatkan -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Anak Nagari Koto Baru Baralek Gadang, 136 Niniak Mamak Dilibatkan

Selasa, 06 September 2022

Wakil Bupati Solok Selatan diiringi ratusan Ninik Mamak Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu diarak menuju balai balai adat melaksanakan Makan Bajamba.


Solsel, fajarsumbar.com - Anak Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, (Sumbar) setiap tahun gelar baralek gadang. 


Alek gadang ini merupakan tradisi sejak turun temurun yaitu "Mambantai Kabau Nan Gadang" menyembelih kerbau besar saat akan turun ke sawah. 


Tradisi ini melibatkan sebanyak 136 niniak mamak kepala kaum dari enam urek batang yang ada di Nagari Saribu Rumah Gadang itu. 


Hadir pada acara baralek gadang Mambantai Kabau Nan Gadang itu, Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi yang juga bergelar Dt Rang Kayo Basa, Sekdakab Samsurizaldi, Ass, Staf Ahli, beberapa OPD, camat, wali nagari. Senin 5/9/2022 di Balai Balai Adat Nagari Koto Baru. 


Sebelum acara  dimulai, ratusan ninik mamak didampingi anak kemanakan diarak berjalan kaki sejauh satu kilometer didampingi anak kemanakan serta bundo kanduangnya, sambil menunggu rombongan wakil bupati. 


Ketua KAN Nagari Koto Baru Sarbaini Dt Tambijo dalam pembukaan katanya didepan para undangan mengatakan. Kegiatan Mambantai Kabau Nan Gadang dan Makan Bajamba ini merupakan tradisi yang sudah turun temutun dari nenek moyang disaat akan turun kesawah, dengan tujuan agar segala kegiatan pekerjaan pertanian dan sampai hasilnya berharap aman nyaman dan jauh dari mara bahaya dan musibah. 


Di Nagari Koto Baru ini, kegiatan seperti ini tidak pernah putus, dan kegiatan seperti ini merupakan salah satu menjalin hubungan silahturahmi antara ninik mamak dengan kemanakan tidak terputus sesama anak kemanakan saling koordinasi. 


Proses dari kegiatan ini berawal dari kesepakatan semua ninik mamak, setelah itu dibentuk tim kerja, kemudian kepala kaum berdonasi untuk membeli seekor kerbau yang besar, setelah semua disepakati dilakukanlah penyembelihan kerbau, yang biasanya diseembelih dikepala air. 


Setelah itu, daging kerbau ini dibagi bagi sebanyak 136 orang ninik amak, kemudian dimasak oleh anak kemanakan, keesokan harinya anak kemanakan atau bundo kanduang mengantarksn masakan beserta nasi lengkap dengan menunya ke ruang balai balai adat, nah disitulah yang dinamakan makan bajamba. 


Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi Dt Rang Kayo Basa dalam sambutanya . mengatakan, Pemda Solok Selatan sangat mendukung program dan tradisi adat di Nagari Koto Baru ini yaitu Mambantai Kabau Nan Gadang dan Makan Bajamba. 


Sejarah telah mencatat bahwa tradisi turun kesawah di Nagari Koto Baru ini memang sudah lama terjadi, bahkan tidak pernah pudar, artinya apa, adat istiadat masih melekat di kawasan Seribu Rumah Gadang ini dan ini agar terus dilestarikan dalam rangka memupuk kembali rasa kebersamaan dan kerukunan antara anak kemanakankemanakan, serta melestarikan kalender pertanian. 


Kedepan diharapkan masing masing Nagari yang dikomandoi oleh KAN masing masing, agar melaksanakan hal seperti ini, kalau tidak salah di Nagari Pauh Duo, Pakan Rabaa juga sudah digelar acara seperti ini. (Abg)