Selamatkan Danau Maninjau, Ini yang Dilakukan Pemkab Agam -->

Iklan Atas

Selamatkan Danau Maninjau, Ini yang Dilakukan Pemkab Agam

Rabu, 14 September 2022
.


Maninjau - Upaya penyelamatan Danau Maninjau dari ketercemaran terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Agam.


Pagi tadi, Rabu (14/9), Pemkab Agam bersama pemerintah kecamatan dan nagari kembali lakukan gotong royong pembersihan eceng gondok dari danau itu.


Hal ini salah satu langkah dari 10 program untuk penyelamatan danau, yang dikemas dalam gerakan Save Maninjau.


“Ada berbagai faktor yang menyebabkan danau ini tercemar, salah satunya adalah eceng gondok sehingga kadar oksigen dan metabolisme air memburuk,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agam, Arief Restu.


Selain berdampak pada perikanan katanya, pencemaran juga mengganggu kebersihan lingkungan objek wisata Linggai Park.



“Jadi program ini selain penanganan pencemaran, juga untuk mendukung pariwisata yang ada,” sebutnya.


Setelah pembersihan eceng gondok di kawasan pariwisata, katanya, nanti lokasi itu bisa dioperasikan sebagai wisata wahana air yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.


“Apabila kunjungan meningkat tentu perekonomian masyarakat akan bergerak dengan sendirinya,” ujarnya pula.


Sementara itu, koordinator Save Maninjau, Alroza mengatakan bahwa kegiatan ini sudah berlangsung sejak lama, yang dilakukan satgas dari masing-masing nagari di Kecamatan Tanjung Raya.


Kegiatan yang dikomandoi DLH Agam ini diikuti seluruh OPD dan masyarakat sekitar, dengan harapan dapat menjawab cita-cita Sumatera Barat wujudkan Beautiful West Sumatera 2023.


“Keterlibatan OPD dalam kegiatan ini merupakan suatu hal yang penting, karena secara bersama-sama kita mewujudkan penyelamatan danau,” katanya.


Ke depan diharapkannya kegiatan ini lebih intens, karena kawasan itu merupakan tempat wisata, serta dapat menjawab upaya pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. (yanto)