Tahun Akdemik 2022/2023, Politeknik ATI Padang, Terima 353 Mahasiswa Baru -->

Iklan Atas

Tahun Akdemik 2022/2023, Politeknik ATI Padang, Terima 353 Mahasiswa Baru

Kamis, 08 September 2022


 


Padang, fajarsumbar.com - Direktur Pokiteknik ATI Padang Dr. Ester Edwar. M.Pd atas nama pribadi dan civitas academica Politeknik ATI Padang mengucapkan selamat datang dan sukses kepada seluruh mahasiswa baru yang diterima di Politeknik ATI Padang.


"Kami sangat berharap anda dapat menjalankan seluruh proses pendidikan dengan semangat, kerja yang keras, disiplin dan penuh tanggung jawab.


Anda dididik di Politeknik ATI Padang, tidak hanya untuk menguasai dimensi kompetensi skills dan knowledge saja, namun jauh lebih penting mendidik attitude agar anda bisa menjadi tenaga kerja industri yang berkarakter, kompeten, berdaya saing dan siap dengan semua percepatan yang terjadi dalam digitalisasi industri pada Era Industri 4.0 saat ini", ujar Direktur Politeknik ATI Padang Dr. Ester Edwar. M.Pd, ketika memberikan sambutan pada sidang senat terbuka penerimaan mahasiswa baru Politeknik ATI Padang Tahun Akademik 2022/2023 di Aula Kampus tersebut Jalan Bungo Pasang Tabing Padang, Kamis (08/09/2022).


Ia menyebutkan, sejak 8 September 2022, Politeknik ATI Padang telah menerima mahasiswa baru sebanyak 353 orang dari total pendaftar 1.594 orang yang terdiri dari 3 jalur penerimaan mahasiswa baru,  yaitu Jalur Penerimaan Vokasi Industri (Jarvis) Prestasi, Jarvis Bersama, dan Jarvis Reguler dengan rasio pendaftar terhadap mahasiswa yang lolos seleksi sebesar 4,5.


"Dengan demikian, anda telah menjadi mahasiswa terpilih dengan seleksi yang ketat untuk dapat diterima sebagai mahasiswa baru di Politeknik ATI Padang dengan memilih 5 Program Studi (prodi)", tegas Ester.

Kelima prodi tersebut, meliputi Diploma Tiga (D III )Teknik Industri Agro sebanyak 68 orang, prodi D III Teknik Kimia Bahan Nabati sebanyak 32 orang, prodi D III Analisis Kimia sebanyak 94 orang, prodi DIII Manajemen Logistik Industri Agro sebanyak 134 orang dan prodi D IV Teknologi Rekayasa Bioproses Energi Terbarukan sebanyak 25 orang.


Politeknik ATI Padang sebagai Perguruan Tinggi Negeri Vokasi dibawah Kementerian Perindustrian, saat ini menjalankan sistem pendidikan dual system yang memadukan secara sinkron dan sistematis antara pendidikan di kampus dengan keterampilan yang diperoleh melalui Kuliah Kerja Praktik (KKP) di Industri.


Lebih lanjut Ester mengemukakan, keterlibatan industri dalam penyelenggaraan pendidikan menghasilkan manfaat yang sudah dirasakan baik bagi mahasiswa, maupun bagi Politeknik ATI Padang sebagai bagian dari pemerintah berupa peningkatan produktivitas dan daya saing lulusan di industri.


Untuk mewujudkan hal tersebut, Politeknik ATI Padang sudah berkolaborasi dengan dunia industri, asosiasi dan masyarakat industri pada umumnya.

Kedepanya ungkap Ester, Politeknik ATI Padang, juga akan menambah penguatan sistem pembelajaran dengan meningkatkan kuantitas dosen praktisi dari industri yang memberikan kuliah kompetensi khusus untuk mata kuliah kompetensi dari masing-masing program studi.

Selain itu, Politeknik ATI Padang berkomitmen menjalankan Corporate University guna meningkatkan kemampuan, produktivitas, dan daya saing SDM industri yang nantinya akan memberikan arah dan penguatan pendidikan vokasi industri menjadi pendidikan dual system menggunakan STEM Learning Model berstandar global, melaksanakan penelitian terapan problem solving sektor industri prioritas, melaksanakan pengabdian masyarakat dalam pengembangan industri, mengembangkan kompetensi industri 4.0 melalui pembangunan Satelit PIDI 4.0, membangun dan mengembangkan kelembagaan inkubator bisnis yang terintegrasi dengan stakeholder terkait, mengembangkan skema kompetensi dan uji kompetensi LSP, serta mengembangkan kelas industri.

Marilah kita bulatkan tekad dan teguhkan niat untuk bersama-sama dan selalu bahu-membahu dalam memperkokoh institusi ini, sehinga mampu berkontribusi maksimal dalam meningkatkan mutu proses pendidikan dan menciptakan SDM industri yang berkompeten, serta dalam proses pembangunan bangsa dan Negara Indonesia yang kita cintai, ketika mengakhiri sambutanya.

Dikonfirmasi fajarsunbar com, terkait kegiatan yang disajikan bagi Mahasiswa baru Tahun 2022 ini, Pudir I Politeknik ATI Padang Dr. Harmiwati, N.H. ST menjelaskan, mahasiswa baru dibekali dengan serangkaian kegiatan mulai 8/23 September 2022.


Rangkaian kegiatan dimaksud, yakni Pembinaan Kesadaran Bela Negara dan Kehidupan Berbangsa, Sistem Pendidikan Tinggi (SPT) Institusi dan Program Studi, Penyampaian materi: Motivasi Belajar untuk Mahasiswa Baru, Bahaya Narkoba bagi Generasi Muda, Peran Mahasiswa dalam Mencegah Radikalisme, Zona Integritas dan Antikorupsi Pengenalan Organisasi dan Lingkungan Kampus oleh BEM, Penampilan Bakat oleh BEM, Senam Pagi dan Gotong Royong, Outbond, Sosialisasi Sistem Informasi Akademik (SIA), Pertemuan Dosen PA dan Konsultasi KRS, dan terakhir diisi dengan Matrikulasi. Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023 akan dimulai pada hari Senin, 26 September 2022, sebut Harmiwati.


Sidang senat terbuka penerimaan mahasiswa baru Politeknik ATI Padang Tahun Akademik 2022/2023 itu, dipimpin oleh Ketua Senat Politeknik ATI Padang Ir. Rita Youfa. MT dan dihadiri Direktur Politeknik Padang Dr  Ester Edwar. M.Pd, Pudir I Dr. Harmiwati, N.H. ST, Pudir II Irna Ekawati. MT, Pudir III Dr. Lisa Nesti. M. Si, kemudian para Ketua Prodi, Dosen dilingkungan Politeknik ATI Padang.( Rel / Atip )