595 Guru TK se Tanah Datar Ikuti Lomba Kreatifitas Implementasi Kurikulum Merdeka -->

595 Guru TK se Tanah Datar Ikuti Lomba Kreatifitas Implementasi Kurikulum Merdeka

Rabu, 19 Oktober 2022

Bupati Eka Putra didampingi Bunda PAUD melepaskan balon tanda dimulai lomba kreatifitas guru TK se Tanah Datar, di Istano Basa Pagaruyung, Rabu (19/10) 

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Sebanyak 595 guru Taman Kanak-kanak (TK) se- Kabupaten Tanah Datar mengikuti lomba kreatifitas, yang diselenggarakan Ikatan Guru TK Indonesia Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI PGRI) Tanah Datar, di Halaman Istano Basa Pagaruyung, Rabu (19/10/22). 


Ketua IGTKI PGRI sekaligus Ketua Panitia Endang Royanti sampaikan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk implementasi dari Kurikulum Merdeka, sekaligus menyambut Hari Sumpah Pemuda tahun 2022. 


"Lomba kreatifitas guru TK se Tanah Datar ini merupakan program IGTKI PGRI 2022, sekaligus menyambut semangat Sumpah Pemuda. Tujuannya, yang pertama implementasi Kurikulum Merdeka di TK, kemudian untuk meningkatkan profesionalisme, juga silahturahmi di antara para guru," ujar Endang. 


Endang Royanti tambahkan, terdapat 7 perlombaan yang akan diikuti oleh para guru TK yaitu, Lomba Tahfiz, Asmaul Husna, Pembuatan Alat Permainan Edukatif dari Bahan Alam dan Sisa, Stempel Jari, Origami, Bercerita dengan Alat Peraga dan Tanpa Alat Peraga. 


Endang juga berharap, kegiatan tersebut dapat berlanjut bahkan hingga tingkat Provinsi, dengan dukungan dan bantuan dari Pemkab Tanah Datar. 


"Mudah-mudahan ke depan ada penyertaan dana dari Pemda melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, mimpi kami lomba ini bisa dilaksanakan hingga tingkat Provinsi, dan kita menjadi tuan rumah di Tanah Datar," harapnya.


Menanggapi hal tersebut, Bupati Tanah Datar Eka Putra yang turut hadir sekaligus membuka acara ini mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar siap mendukung IGTKI, dalam menyelenggarakan program serupa kedepannya.


"Kehadiran kami selain memberi motivasi, juga menyampaikan apresiasi luar biasa kepada guru TK, yang luar biasa semangatnya, sedangkan terkait anggaran, InsyaAllah kedepannya akan dianggarkan khusus untuk kegiatan-kegiatan seperti ini, jangan sampai ada dana mandiri (dari pihak IGTKI) seperti ini lagi," sampai Bupati.


Bupati berharap, kegiatan tersebut dapat menumbuhkan kreatifitas dan rasa kebersamaan, diantara para guru juga pemerintah. "Tampilkanlah kreasi ibu guru, mudah-mudahan dengan ini dapat meningkatkan kekompakkan sesama guru, juga kekompakan dengan Pemkab Tanah Datar," harapnya. 


Di kesempatan yang sama, Bunda PAUD Tanah Datar Bunda Lise Eka Putra mengajak para guru, untuk terus melatih kreatifitas juga mengambil inspirasi, dari setiap penampilan yang ditampilkan di perlombaan tersebut. 


"Melalui lomba kreatifitas guru TK se Tanah Datar ini, saya yakin akan dapat melahirkan inovasi dan kreatifitas para guru, yang sangat berguna untuk pembelajaran yang berpusat pada anak, dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka," ujar Lise.


Diakhir sambutan Bunda Lise sarankan, perhatikan dengan seksama penampilan teman-teman lain, serta ambil hikmah atau pelajaran dari tampilan orang lain, jadikan semua yang dilihat dan didengar menjadi sumber inspirasi, untuk berinovasi, jadilah guru pembelajar yang kreatif dan menginspirasi anak didik. (F12)