Bertahun Didambakan, Sport Center Padang Panjang Mulai Dibangun -->

Bertahun Didambakan, Sport Center Padang Panjang Mulai Dibangun

Senin, 10 Oktober 2022
Maket Sport Center Padang Panjang. 


Padang Panjang - Melalui proses yang panjang, akhirnya pembangunan sport center Kota Padang Panjang mulai dibangun, ditandai launching dilakukan Walikota, H. Fadly Amran. 


Sport center  merupakan salah satu visi-misi pasangan walikota-wakil walikota Fadly Amran-Asrul dibangun di atas lahan seluas 7,5 hektare dengan dana APBD tahun jamak (multy year) Rp70 miliar dua tahun anggaran. 


Sport center dibangun  di Sago, Kelurahan Ngalau Kecamatan Padang Panjang Timur. Pelaksana pembangunan  PT Tureloto Batta Indah (TBI), selaku pemenang tender. Ditargetkan selesai 4 Oktober 2023 (330 hari).  


Tahap  awal bangunan sport center terdiri satu gedung serba guna, venue skateboard, lapangan bolavoli, basket, tenis, dan panjat tebing.


Walikota Fadly Amran.


Ketika melaunching Wako Fadly Amran mengakui, pembangunan sport center  melewati jalan panjang dan berliku. "Semoga semoga sport center cepat selesai, bermanfaat bagi masyarakat. Terima kasih atas dukungan warga, keikhlasan pemilik tanah lokasi pembangunan," kata walikota.


Sport center masuk dalam visi dan misi, RPJMD 2018-2023. Upaya itu dimulai 2019 dengan melengkapi administrasi, proses komunikasi dan sosialisasi hingga bisa berjalan sampai hari ini. 


Menurutnya, sejumlah infrastruktur telah dibangun  menunjang Padang Panjang sebagai Kota Pendidikan, Kota Serambi Mekkah, dan Kota Sehat. 


 Mardiansyah, A.Md Ketua DPRD Padang Panjang.


Ini terlihat dari adanya Pasar Pusat, RSUD, Masjid Islamic Center, dan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK). 


Berangkat dari situ, ia bersama Wawako Asrul, dan DPRD  memprogramkan langkah pembangunan  sport center.  "Kalau sarana prasaranacukup, ini bisa menjadikan sport academy. Bagaimana sekolah olahraga bisa hadir melengkapi Padang Panjang sebagai kota pendidikan," kata Fadly.


Fadly pun berharap pembangunan sport center bisa dikebut untuk dapat dimanfaatkan  pada Pekan Olarga Provinsi (Porprov) di  Padang Panjang.  "Venue untuk Porprov hendaknya bisa dikebut. Bisa dimanfaatkan," harapnya. 


 Walikota Fadly Amran bersama Wawako Asrul serta pelaksana pembangunan Sport Center Padang Panjang.


Konsep sportainment hendaknya bisa dikemas di sport center, sehingga menarik  orang berkunjung ke Padang Panjang.  "Aula utama, bisa jadi venue bela diri, tinju, atau MMA. Kita ambil ini sebagai sportainment. Melirik aspek kepariwisataan, menjadi magnet kunjungan ke  Padang Panjang," jelasnya.


Ketua DPRD Mardiansyah, A.Md menyatakan dukungan penuh  pembagunan sport center.  "Ini merupakan sebuah semangat, harapan dan keinginan masyarakat dan program unggulan walikota. Harapan kita bersama, sport center selesai sesuai jadwal," harapnya.


Dengan memiliki sport center, sebut Mardiansyah, iven nasional maupun Sumbar  bisa ditarik ke Padang Panjang sehingga memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat. 


Peninjauan lapangan .


Kepada rekanan yang melaksanakan pembangunan, Mardiansyah  meminta mau melaporkan bila kendala terjadi di lapangan.  "Ini harus selesai. Apapun kendala sampaikan dan komunikasikan," tegasnya.


Kadis Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Drs. Maiharman menjelaskan, luas 5,7 hektare lahan  pembangunan sport center bukanlah lahan produktif atau pertanian. 


"Terima kasih masyarakat Sago, Ngalau, Nagari Gunung, pembebasan lahan bisa berjalan lancar," sebutnya.


Tampak hadir pada launching ini Dandim 0307/TD, Letkol. CZI. Sutrisno, ST, Kapolres, AKBP. Donny Bramanto, SIK, Kepala Kejaksaan, Nilma,  S.H, unsur Forkopimda lainnya, jajaran pejabat pemko dan undangan. 


Sumber PAD

Dengan adanya sport center  diharapkan bisa menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD)  Padang Panjang. Selain itu juga membuka peluang kerja untuk mengatasi pengangguran.


Pendapat itu disampaikan  Ketua KNPI Padang Panjang, Andi Ariyanto. Ia mendukung penuh dibangunnya sarana olahraga di Sago ini.


Ninik mamak dan tokoh masyarakat Negari Gunuang berdoa untuk kelancaran pembangunan sport center.


Andi juga melihat ada keuntungan yang bisa dihasilkan dengan adanya sport center. Antara lain  menumbuhkan kegiatan sektor perdagangan bagi para pelaku UMKM dwn menjadikan Padang Panjang sebagai kota yang mampu berdaya saing di bidang lainnya. 


Dukungan pembangunan sport center juga disampaikan Ketua Karang Taruna Kota Padang Panjang, Muhammad Gandhi.


Gandhi berharap nantinya sport center  dikelola dengan manajemen dan kepengurusan yang baik dan profesional, sehingga masing-masing cabang olahraga dapat melakukan pembinaan dan meraih prestasi. (adv/syam)