Korut Terus Uji Coba Rudal, Korsel dan AS Gelar Latihan Perang Libatkan Kapal Induk -->

Korut Terus Uji Coba Rudal, Korsel dan AS Gelar Latihan Perang Libatkan Kapal Induk

Jumat, 07 Oktober 2022

Korsel dan AS memulai latihan perang gabungan melibatkan kapal induk.


SEOUL - Militer Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) memulai latihan gabungan melibatkan kapal induk, Jumat (7/10/2022). Latihan digelar setelah Korea Utara (Korut) melakukan beberapa kali uji coba rudal dalam sepekan terakhir. Kepala Staf Gabungan Korsel menyatakan latihan maritim berlangsung di perairan lepas pantai timur negara itu sampai Sabtu besok.


"Kami akan terus memperkuat kemampuan operasional dan kesiapan untuk menanggapi setiap provokasi Korea Utara melalui latihan bersama dengan USS Ronald Reagan Carrier Strike Group," bunyi pernyataan, dikutip dari Reuters. 


Kelompok penyerang kapal induk AS sebelumnya juga ikut serta dalam latihan trilateral bersama Korsel dan Jepang. Latihan tersebut juga digelar setelah Korut meluncurkan rudal balistik,sebagaimana dikutip iNews.id.


Tekait aktivitas militer terbaru Korut, pejabat senior pertahanan ketiga negara bertemu. Mereka mengecam uji coba rudal dan sepakat bahwa latihan maritim trilateral baru-baru ini berhasil meningkatkan kemampuan mereka untuk merespons aktivitas Korut. 


Selain meluncurkan dua rudal balistik pada Kamis kemarin, Korut juga mengerahkan beberapa pesawat pengebom di dekat perbatasan dengan Korsel. Latihan pengeboman itu sangat jarang dilakukan Korut. Sedikitnya empat pesawat pengebom serta delapan jet tempur Korut beraksi memaksa Korsel mengerahkan 30 pesawat militernya.


Pesawat-pesawat tempur mengawasi secara ketat setiap bagian perbatasan di tengah meningkatnya ketegangan.(*)