Tebing 10 Meter di Majalengka Longsor, Timpa Rumah hingga Hancur -->

Tebing 10 Meter di Majalengka Longsor, Timpa Rumah hingga Hancur

Selasa, 04 Oktober 2022

Rumah warga Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka mengalami kerusakan parah setelah tertimpa tebing setinggi 10 meter yang longsor.


MAJALENGKA - Satu rumah di Desa Margajaya, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, rusak parah. Peristiwa itu terjadi akibat terkena longsoran tanah setelah hujan deras mengguyur Kabupaten Majalengka, Senin (3/10/2022). 


Musibah tersebut berawal saat terjadinya longsoran tebing setinggi10 meter. Nahas, material longsoran itu menimpa rumah milik Wastiah, hingga membuatnya hancur.


"Kejadian longsor terjadi pada pukul 20.00 WIB, tebing kurang lebih 10 meter ada lah. Assessment dari kami dan BPBD baru dilaksanakan pagi tadi," kata Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Kecamatan Lemahsugih saat ditemui di lokasi, Oo Darsono, Selasa (4/10/2022). Akibat tertimpa longsoran tebing, ujar dia, dinding rumah Wastiah bagian belakang  jebol. Selain bagian belakang rumah, sebagian atap rumah juga rusak tertimpa material,sebagaimana dikutip iNews.id.


"Kemarin memang hujan terus terjadi dari siang hari. Jadi kemungkinan, curah hujan yang tinggi membuat air masuk ke sela-sela tanah yang memang di atas rumah ini terdapat sawah, membuat tanah labil," tutur dia. "Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," ujar Oo.


Pascamusibah itu, Wastiah untuk sementara dievakuasi ke tempat saudaranya yang relatif lebih aman. Selain karena rumahnya rusak, dikhawatirkan juga masih ada longsor mengingat hujan yang mulai sering turun. "Diminta ngungsi dulu ke saudara," kata dia. 


"Kami juga minta warga meningkatkan kewaspadaan, apalagi curah hujan sudah mulai tinggi. Apalagi perkampungan warga banyak yang berada di dekat tebing dan jurang," ucap dia.(*)