Bundo Kanduang Berperan Bentengi Generasi Muda -->

Bundo Kanduang Berperan Bentengi Generasi Muda

Sabtu, 05 November 2022
.


Lubuk Basung - Lembaga Bundo Kanduang mempunyai peran penting dalam membentengi generasi muda dari gempuran kemajuan teknologi dan informasi.


Peran itu dapat dilakukan dari entitas terkecil, yakni keluarga. Sebab, para bundo merupakan peletak dasar-dasar pendidikan generasi muda.


Hal itu benang merah yang disampaikan Bupati Agam, Dr H Andri Warman, MM melalui Asisten III, Andrinaldi, AP, M.Si saat menerima kunjungan Bundo Kota Padang Panjang, Sabtu (5/11) di Lubuk Basung.


Menurut bupati, di tengah pesatnya laju teknologi dan informasi, tertumpang tanggungjawab pada para bundo kanduang untuk membentengi para generasi muda.


“Saat ini, anak-anak kita dengan mudah mengakses konten melalui internet yang mana ini tidak bisa kita mungkiri. Sehingga tertitip tanggungjawab bagaimana para bundo menyikapi hal ini,” ucapnya.


Diurai lebih lanjut, peran bundo kanduang sangat besar dalam peletakan dasar-dasar pendidikan generasi muda. Terlebih di Kabupaten Agam, pendidikan adat-istiadat sudah masuk ke dalam materi muatan lokal.


Pihaknya berharap, para bundo kanduang dapat terlibat mendidik generasi muda agar bijak memanfaatkan teknologi dan informasi.


Selain itu, bagaimana merangkul generasi muda agar kembali paham dengan kieh dan sumbang di Minangkabau.


“Zaman kita dulu, ditatap saja kita oleh orang tua dengan tatapan tajam kita sudah paham kalau itu adalah sebuah teguran, namun kondisi sekarang tidak lagi seperti itu,” ungkapnya.


Ditambahkan, dewasa ini kasus kenakalan remaja makin mengkhawatirkan. Menurutnya hal ini terjadi akibat salahnya pergaulan generasi muda.


“Sehingga kami berharap, para bundo kanduang dapat membina generasi kita sejak dini, agar tidak terjerumus ke perbuatan merugikan,” pungkasnya. (*/yanto)