Unand Gelar Cabor Bulutangkis dan Panjat Tebing, di PomNas Tahun 2022 Sumbar -->

Unand Gelar Cabor Bulutangkis dan Panjat Tebing, di PomNas Tahun 2022 Sumbar

Sabtu, 26 November 2022



.

Padang, fajarsumbar.com - Unand mendapat kepercayaan sebagai penyelenggara Cabang Olahraga (cabor) Bulutangkis dan cabor Panjat Tebing pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional  (PomNas) Sumatera Barat Tahun 2022.

Cabor Bulutangkis yang digelar dilapangan tertutup Gedung Serbaguna Fakultas Hukum, dari 23-25 November berjalan dengan lancar,  begitu juga dengan cabor panjat tebing dari 22-26 November di Lapangan Pramuka Limau Manis.

Rektor Unand Prof. Dr Yuliandri. SH. MH mengemukan hal itu, kepada fajarsumbar.com, didampingi Direktur Kemahasiswaan Unand, Khandra Fahmy, disela kegiatan final panjat tebing di Lapangan Pramuka Limau Manis Padang, Sabtu (26/11/2022).

Rektor Prof Yuliandri mengakui, khusus pembangunan venue cabor panjat tebing, memang ada 2 hal yang menjadi kendala diluar kemampuan Unand. Ini terkait dengan waktu penyelesaian program yang sangat ditentukan dengan kemampuan lelang, karena menggunakan biaya Negara

Awalnya, pembangunan venue yang direncanakan di samping lapangan Gedung PKM, namun lokasinya  tidak cukup luas, sehingga didiskusikan untuk menentukan kawasan yang tempat, sehingga menghabiskan waktu hingga seminggu.

Pemindahan venue ke Perkemahan Pramuka  Unand Limau Manis Padang karena kawasan  ini dinilai cukup bagus dan luas.

Setelah di kerjakan dan dihitung dari tim tingkat teknis, pengawas dan koordinasi dengan pengadaan, maka semuanya klir dan dilaksanakan pekerjaannya. Pekerjaan
venue tersebut, direncanakan bisa selesai tanggal 21 November 2022.

Menurutnya, ditengah penyelesaian pekerjaan venue ini, ternyata cuaca tidak mendukung dan hujan turun secara tetus menerus, sehingga pekerjaanya agak tersendat- sendat. "Ini bukan alasan yang dibuat- buat," ujarnya.

Alhamdulilah, venue cabang panjat tebing ini, telah bisa dipakai oleh atlit panjat tebing, dari sejumlah Propinsi di Indonesia, mulai tanggal 17/26 November 2022.

Rektor Unand itu, juga menyebutkan, even PomNas ini, tidak hanya tanggung jawab Unand dan UNP saja, tetapi juga di pantau oleh Pederasi Panjat Tebing Indonesia.

Kedepan Unand akan membangun venue panjat tebing yang refresntatif, untuk tingkat Nasional dan Internasional,

Upaya ini, bertujuan untuk mencari dan melahirkan bibit- bibit panjat tebing yang profesional dari berbagai tingkat dan segala umur.

Final panjat tebing PomNas Sumatera Barat Tahun 2022 yang digelar di Unand itu, yakni katagori speed putri Amanda Narda Mutia dari Universitas Negeri Surabaya, memperoleh medali emas, kemudian Berthdigna Devi Surya Kesuma Universitas Dian Nuswantoro medali perak dan  Alivani Ver Khadijah Univerditas Negeri Makasar medali perunggu.

Di kategori speed putra M Rizki Samudra Dewantara dari Universitas Muhamaddiah Surabaya, memperoleh medali emas kemudian Aditiya Tri Syahria Universitas Nuswantoro medali perak dan Arya Arsyebdi Putra Universitas Budi Luhur medali perunggu.

Menyinggung cabor yang digelar Unand dalam PomNas ini, Direktur Kemahasiswaan Unand, Khandra Fahmy menyebutkan, dari 14 cabor yang digelar melalui PomNas Tahun 2022 ini, Unand hanya menggelar 8 cabor.

"Dari 14 cabor tersebut, Unand berhasil meraih emas melalui cabor taekwondo
dan medali perunggu dari cabor renang." tuturnya. ( (RDz)


.