Wisuda Ke 77 Tahun 2022, ITP Lepas 278 Wisudawan -->

Wisuda Ke 77 Tahun 2022, ITP Lepas 278 Wisudawan

Minggu, 20 November 2022
.

Padang, fajarsumbar.com - Institut Teknologi Padang (ITP) kembali melepas wisudawan dan wisudawati, lulusan Program Diploma Tiga (DIII) dan Sarjana Strata Satu (S I).

Prosesi pelantikan wisudawan/wisudawati yang berjumlah 278 orang itu, berlangsung dalam rapat senat terbuka di Grand Ballroom The Premiere Hotel (Grand Zuri), Jl. M. Thamrin Kota Padang, Minggu (20/11/2022).

Rektor ITP Dr. Ir  Hendri Nofrianto. MT mengatakan, wisudawan ini, terdiri dari D III Teknologi Listrik sebanyak 14 orang, Teknik Mesin 13 orang dan Teknik Sipil 19 orang.

Kemudian lulusan SI Teknik Elektro, berjumlah 33 orang, Teknik Mesin 40 orang, Teknik Sipil 118 orang, Teknik Informatika 23 orang dan Teknik Geodesi 18 orang.

Dari jumlah wisudawan/wisudawati ini, 31 orang diantaranya merupakan lulus dengan Prediket Pujian. Prestasi lulusan terbaik dengan predikat terbaik diraih oleh 8 wisudawan, dari Fakultas Vokasi IPK tertinggi  3,83 dan termuda diraih oleh ananda Gelfin Pranando, NIM2019230001 dengan usia 20 tahun 10 bulan 4 hari, Orang tua : Heriyadi dan Emi Erfia, asal sekolah SMAN I Duo Koto. 

Dari Fakultas Teknik IPK tertinggi 3,87 yang diraih oleh ananda Hasyim Al As Hary, NIM2018110005 dari program studi Teknik Mesin S1,orang tua : Candra Wesnedi dan Permawati,  asal sekolah SMAN 2 Mandau Riau, sedangkan lulusan termuda dari Fakultas Teknik adalah Sivia Pebrina, IPK 3,49, Umur 21 tahun 8 bulan 25 hari dari Teknik sipil.

"Melalui wisuda ke 77 tersebut, maka ITP sejak Tahun 1993 telah menghasilkan alumni 9749 orang," sebutnya.

Lebih lanjut Dr. Ir  Hendri Nofrianto. MT mengatakan,
atas nama pimpinan dan keluarga besar ITP mengucapkan selamat kepada para wisudawan/ wisudawati, karena saudara telah berhasil dengan baik menyelesaikan studi di kampus ini.

Ini terbukti dari kerja keras dedikasi yang tentu tidak terlepas dari motivasi, doa, dan dukungan dari banyak pihak yang terlibat dalam usaha keras ini terutama para orangtua, keluarga dan orang-orang tercinta.

Disisi lain Hendri Nofrianto, juga menyebutkan, kakak alumni kalian telah mengisi formasi kerja pada berbagai bidang dan lapangan pekerjaan, seperti perusahaan asing, BUMN, BUMS, peneliti, dosen, profesional dan wirausaha serta di pemerintahan.

Para alumni itu, tersebar pada berbagai penjuru tanah air, bahkan tidak sedikit yang bekerja di luar negeri, seperti di negara-negara Asia, Jerman, Inggris, bahkan Amerika Serikat.

"Bahkan mereka, juga menduduki posisi kunci ditempat mereka bekerja, menjadi CEO di perusahaan, BUMN maupun perusahaan swasta nasional bahkan tidak sedikit yang sukses membangun dan mengembangkan bisnis dan perusahaan sendiri," ujar Hendri.

"Saya yakin ananda semua akan mampu meneruskan estafet kesuksesan kakak-kakak kalian, bahkan lebih baik lagi," sembari mengakhiri sambutanya.

Di tempat yang sama Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang Drs. H.Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd mengatakan, Yayasan selaku badan penyelenggara ITP, mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada bapak dan bu orang tua/wali atas kepercayaan menjadikan ITP sebagai tempat menuntut ilmu bagi putra dan putri atau keluarga hingga bisa menyelesaikan pendidikan sehingga telah memperoleh ijazah pada hari ini.

Pilihan ITP ini, merupakan suatu pilihan yang tepat karena penyelenggara dan pengelola pendidikan di ITP mempunyai komitmen yang tinggi dalam menghasilkan lulusan yang dibutuhkan masa kini dan masa yang akan datang.

"Sesuai dengan motto ITP yaitu “Berprestasi dan Berkualitas” yang telah bertekad untuk mewujudkan visi menjadi “World Class University” pada tahun 2040, imbuh H. Zulfa Ef Uliras.

Hal ini lah yang mendorong dan mewajibkan setiap saat ITP harus selalu berkomitmen untuk untuk meningkatkan diri, dengan melakukan kolaborasi dengan dunia kerja/usaha dan industri, melakukan inovasi sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi untuk dunia industri dunia kerja serta dunia usaha.

Menurutnya, ada beberapa upaya yang terus dilakukan oleh lembaga ini untuk mencapai standar kualitas tertentu yang dibutuhkan; (antara lain, menyiapkan mahasiswa sebagai sumber daya manusia kreatif dan dinamis, baik dari segi kemampuan akademis, teknis, maupun keterampilan komunikasi interpersonal), disamping itu juga secara terus menerus dilakukan upaya optimal agar mahasiswa dapat menjalankan proses belajar mengajar terbaik.

Untuk itu ITP menerapkan metode dan model pembelajaran yang tepat, mengembangkan kurikulum dan silabus berbasis kompetensi yang diakui dan disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja, industri dan usaha.

Selain itu, tambah H. Zulfa, selalu mengukur dan meningkatkan kualitas  seperti yang dipersyaratkan oleh akareditasi BAN-PT dan LAM yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah X Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri
Afdalisma, S.H., M.Pd mengatakan, guna menciptakan SDM yang unggul, Kemdikbud Ristek RI mendorong transformasi di bidang pendidikan tinggi melalui 8 indikator kinerja utama (IKU) sehingga kualitas lulusan, kualitas kurikulum, kualitas dosen dan pengajar.

Untuk itu, LLDIKTI Wilayah X mengharapkan agar Institut Teknologi Padang meningkatkan kualitas sistem penjaminan mutu internalnya (SPMI), sesuai dengan standar dari Kemendikbudristek.
SPMI merupakan kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom atau mandiri untuk mengendalikan dan meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan dan mutu lulusan harus sesuai dengan kompetensi

Guna mencapai hal itu, lanjut Afdalisma, SPMI sangat penting untuk memastikan terlaksananya proses pendidikan secara internal.

"Saya yakin dan percaya Institut Teknologi Padang dengan upaya peningkatan mutu yang dilakukannya, dan dengan adaptasi terhadap transformasi digital, tentu mampu menjadi Institut yang melahirkan berbagai inovasi untuk berkontribusi bagi pembangunan di Institut Teknologi Padang maupun pembangunan Nasional," tambahnya.

Sehubungan dengan hal itu, diharapkan agar pimpinan Institut Teknologi Padang  mendorong agar para dosennya giat melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sebagai upaya perwujudan nyata pendidikan tinggi transformatif dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di kota Padang dan Provinsi Sumatera Barat maupun Nasional.

Ia berharap kedepan, hasil luaran riset dan hilirisasi dari luaran riset dari Institut Teknologi Padang dapat di manfaatkan oleh berbagai elemen masyarakat yang berkepentingan. Sehingga dengan pencapaian luaran riset dan pengabdian masyarakat tersebut, tidak hanya meningkatkan kuantitas publikasi, tetapi juga dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat, sehingga Institut Teknologi Padang dapat berbangga dengan pencapaian tersebut.

Kepada wisudawan/wisudawati, Ia mengucapkan selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di Institut Teknologi Padang, wisuda adalah pintu gerbang masa depan, saat ini saudara akan mulai belajar lagi untuk mengarungi kehidupan dan samudera dunia kerja dan dunia industri.

LLDIKTI Wilayah X mengharapkan wisudawan/wati semoga sukses dalam perjalanan setelah wisuda menjadi lebih mandiri, bisa lebih berprestasi, dan mempunyai inovasi yang baik sehingga membawa kemajuan bagi daerah dan secara Nasional," tuturnya.
( RDz )