16 Besar Piala Dunia Nanti Malam, Belanda vs AS dan Argentina vs Australia -->

16 Besar Piala Dunia Nanti Malam, Belanda vs AS dan Argentina vs Australia

Sabtu, 03 Desember 2022
Pemain Timnas Belanda, Ron Vlaar (kiri) dan Bruno Martins Indi, berebut bola dengan pemain Australia, Tim Cahill (tengah), dalam laga Grup B Piala Dunia 2014 Brasil di Stadion Beira Rio, Porto Alegre. (republika.co.id)


Jakarta - Sabtu malam hingga Minggu dinihari nanti pada 4 Desember akan  hadir dua laga: Belanda vs Amerika Serikat dan Argentina vs Australia pada memasuki babak 16 besar lanjutan piala dunia 2022 di Qatar.


Partai Belanda melawan Amerika Serikat akan berlangsung mulai 22.00 WIB. Belanda akan tampil sebagai juara Grup A, sedangkan Amerika Serikat merupakan runner-up Grup B.


Timnas Belanda telah tiga kali menjadi runner-up Piala Dunia: pada 1974, 1978 dan 2010. Namun, mereka belum pernah juara. 


Di babak sebelumnya mereka tak terkalahkan, dengan mengalahkan juara Afrika Senegal 2-0, tuan rumah Qatar 2-0, dan bermain seri 1-1 dengan Ekuador. Cody Gakpo mencetak tiga gol dalam tiga pertandingan untuk Belanda.


Belanda tidak terkalahkan dalam 18 pertandingan terakhir mereka setelah tersingkir di Euro 2020. Mereka lebih diunggulkan saat menghadapi lawannya malam ini.


Dikutip tempo.co, Amerika Serikat mencapai babak sistem gugur dengan finis kedua di belakang Inggris. Mereka mengalahkan Iran dan bermain imbang dengan Inggris dan Wales. 


Mereka kembali ke Piala Dunia setelah gagal lolos ke Rusia 2018. Bek DeAndre Yedlin adalah satu-satunya pemain di skuad AS dengan pengalaman Piala Dunia. 


Sebelumnya, Amerika Serikat dan Belanda telah bertemu lima kali. Belanda menang empat kali, tapi Amerika memenangi pertemuan terakhir mereka 4-3 pada tahun 2015.


Argentina vs Australia

Pertandingan Argentina vs Australia  akan berlangsung pada Minggu dinihari, mulai 02.00 WIB. Argentina merupakan juara Grup B, sedangkan Australia tampil sebagai runner-up Grup A.


Timnas Argentina telah memainkan delapan pertandingan babak 16 besar sejak format turnamen ini diperkenalkan pada 1986. Mereka hanya kalah dari Rumania pada 1994 dan  Prancis pada 2018. 


Dalam laga nanti, Lionel Messi akan kembali jadi pusat perhatian. Ia sudah mencetak dua gol di Qatar sehingga secara total telah mencetak delapan gol Piala Dunia selama lima turnamen sejak 2006. Namun, tak satu pun dari gol itu terjadi di pertandingan sistem gugur. 


Australia sebelumnya hanya pernah mencapai 16 besar sekali, saat kalah 1-0 dari Italia berkat penalti kontroversial pada 2006. Mereka akan tampil dengan pertahanan kokoh karena tidak kebobolan satu gol pun dalam dua pertandingan grup terakhir mereka di Qatar. Itu menjadi clean sheet pertama mereka sejak perjalanan perdananya ke final pada 1974. 


Sebelumnya, Argentina telah melawan Australia tujuh kali sejak 1988. Mereka menang lima kali, seri satu kali, dan kalah satu kali. Kedua tim belum pernah bertemu di putaran final Piala Dunia tetapi Argentina memenangkan playoff dua leg antarbenua untuk lolos ke turnamen 1994.


Jadwal Piala Dunia 2022 Hari Ini

Sabtu, 3 Desember 2022 

22.00 Belanda vs Amerika Serikat (SCTV, Indosiar, Vidio)


Minggu, 4 Desember

02.00 Argentina vs Australia (SCTV, Indosiar, Vidio).